News  

Anies Soal Firli Bahuri Jadi Tersangka Pemerasan: KPK itu Harusnya Jadi Contoh

Capres Anies Baswedan mengomentari soal penetapan tersangka Ketua KPK Firli Bahuri oleh Polda Metro Jaya. Firli diduga memeras eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Menurut Anies, seharusnya KPK seharusnya menjadi teladan penegakan hukum di Indonesia.
“Karena Komisi Pemberantasan Korupsi ini adalah komisi yang seharusnya bisa menjadi contoh. Karena itu harus selalu terjaga,” kata Anies di di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (23/11).

“Dan harapannya, ini menjadi hikmah bagi semuanya untuk tertib, untuk mengikuti prinsip-prinsip good governance, menjaga etika yang sangat tinggi standarnya,” imbuh dia.

Di satu sisi, Anies mengapresiasi semua proses hukum yang berlangsung. Ia menegaskan hukum harus ditegakkan terhadap siapa pun yang terbukti bersalah.

“Penting penegakan hukum untuk menghadirkan rasa keadilan, jadi aturan hukum ditegakkan tidak tebang pilih. Tujuannya menghadirkan rasa keadilan. Itu yang penting dijaga, juga mesti dilakukan dan menjaga marwah lembaga pemberantasan korupsi,” ujar Anies.

“Saya pernah menjadi Ketua Komite Etik di KPK. Sehingga tahu persis standar etika di KPK itu sangat tinggi. Dan itu harus ditaati oleh semuanya,” tandas dia.(Sumber)