News  

KH Said Aqil Siradj: Mahfud MD Dikagumi Gus Dur, Insya Allah Menang Jadi Wapres RI

Mantan Ketum PBNU Said Aqil Siradj, mendoakan bacawapres 03, Mahfud MD, menang di Pilpres 2024. Ia menilai Mahfud sebagai sosok pemimpin yang cerdas dan mumpuni.

 

Hal ini dikatakan Said Aqil dalam sambutan di acara Sholawat Persatuan Indonesia yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (2/12) malam.

 

“Pak Mahfud MD, sahabat saya orang Madura Jawa Timur, sekarang masih menjabat sebagai Menkopolhukam, insyaallah akan memenangkan dan menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 2024,” ujar Said Aqil.

 

Lebih lanjut, Said Aqil menyinggung fiqh siyasah dalam kitab al-Ahkam al-Sultaniah karya al-Mawardi terkait kreteria yang harus dimiliki oleh calon pemimpin. Kriteria-kriteria tersebut dinilainya ada pada Mahfud.

 

 

“Kalau saya lihat di Fiqh Siyasah karangan Al-Mawardi, presiden dan wakil presiden syaratnya harus berilmu, pintar, dan cerdas. Pak Mahfud pintar tidak? Cerdas tidak? Profesor, doktor, ahli tata negara, dulu Gus Dur juga kagum pada beliau,” tambah Said.

 

 

“Yang kedua pemimpin harus berlaku adil kepada masyarakat, tidak tebang pilih, tidak pandang bulu menegakkan keadilan. Pak Mahfud kira-kira pemimpin yang akan menegakkan keadilan tidak? Insyaallah. Kalau pak Mahfud jadi Wakil Presiden akan memberantas korupsi dan melakukan perbaikan,” imbuh dia.

 

Kriteria selanjutnya, menurut Said, calon pemimpin tak boleh tamak dan tidak rakus. Masih terkait kriteria calon pemimpin menurut al-Mawadi, Said menegaskan, pemimpin harus berani dan tidak penakut.

 

“Yang ketiga calon pemimpin harus tidak rakus, tidak tamak dan tidak menumpuk harta untuk dirinya sendiri,” ujar Said Aqil.

 

“Yang keempat pemimpin harus berani, bukan penakut. Qulil Haqqa Walau Kana Murran, akan menyampaikan kebenaran walau konsekuensinya sangat berat dan tidak disenangi orang,” pungkas dia.(Sumber)