6 Pernyataan Kontroversial Megawati: Mulai Ogah Cucu Pacari Pria Jelek Hingga Soal Ibu-Ibu Pengajian

Megawati Soekarnoputri kini kembali menjadi sorotan publik setelah membawakan pidato kontroversialnya dalam sebuah acara pencegahan Stunting pada Kamis (16/2/2023) silam. Pernyataannya terkait ibu-ibu pengajian pun viral.

Presiden RI ke-5 itu kerap melontarkan pernyataan kontroversial yang membuat masyarakat geger. Ternyata, ini bukanlah yang pertama kalinya. Berikut ini, 5 pernyataan kontroversial Megawati Soekarnoputri yang menuai perhatian publik.

 

1. Megawati Mengaku Cantik dan Punya Banyak Followers

Megawati yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sempat melontarkan ucapan kontroversial dalam perayaan HUT PDIP ke-50. Dalam acara tersebut, dia menyebut dirinya sebagai inspirasi para perempuan.

Tak hanya itu, dia juga mengaku sebagai sosok yang karismatik dan pejuang.

“Kamu tahu nggak sih? Ibumu ini sudah pinter, cantik, karismatik, pejuang. Apa lagi? Eh kayak gini semua, gak mau aku,” ujar Megawati.

Dia lalu memuji dirinya sendiri dan mengaku punya banyak followers saat mengunggah foto selfie.

“Untung saya ini pinter, jadi kalau saya mau mejeng, apa itu namanya selfie. Kalau aku mau selfie pasti pengikutku okeh (read: banyak),” sambungnya.

2. Megawati Enggan Punya Menantu Tukang Bakso

Megawati juga pernah menyampaikan ucapan yang tak kalah kontroversial dalam Rakernas di Sekolah PDIP. Saat itu, putri dari mantan Presiden Soekarno melemparkan candaan seputar menantu kepada anak-anaknya.

Dia memperingati anaknya untuk tidak memiliki suami yang berprofesi sebagai tukang bakso.

“Ini bener loh, serius loh jadi sudah terbukti loh. Jadi ketika saya mau punya mantu saya sudah bilang sama anak saya berdua, sama anak saya tiga, ‘Awas lo kalau nyarinya yang kayak tukang bakso’ hahaha,” ujar Megawati.

Dia lalu memperhatikan Puan Maharani yang tertawa mendengarkan leluconnya.

“Mbak Puan ketawa karena, sorry, jadi bayangkan ‘Kok piye ini rupane’ (read: bagaimana ini rupanya) maaf,” katanya sambil tertawa.

3. Menyindir Jokowi Tanpa PDIP Kasihan

Tak hanya itu, Megawati juga pernah pernyataan yang menuai sorotan dalam acara HUT ke-50 PDIP pada Selasa (10/2/2023) lalu. Dalam kesempatan itu, dia melontarkan penyataan belas kasihan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Menurutnya, Jokowi tidak menjadi apa-apa tanpa PDIP.

“Pak Jokowi itu kayak gitu loh mentang-mentang. Lah iya padahal Pak Jokowi kalau gak ada PDI Perjuangan juga, aduh kasihan deh,” kata Megawati.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi itu ikut tertawa. Namun, pernyataan itu membuat Indonesia heboh.

4. Megawati Pamer Naik Haji 2 Kali

Megawati Soekarnoputri juga sempat mengumbar dirinya dalam sebuah Seminar Nasional Pancasila dalam Tindakan di Jakarta Selatan. Dia mengaku menjalankan ibadah haji dan umrah sebanyak 2 kali. Saat itu, dia merasa resah karena dianggap kurang islami.

“Saya orang Islam, nanti dibilang gak Islam. Naik haji saya sudah dua kali, umrah saya sudah tiga kali, ada yang mengatakan saya enggak Islami ya bodo amat,” kata Megawati.

5. Menyinggung Ibu-ibu yang Hobi Pengajian

Dalam pidato terbarunya di acara Gerakan Semesta Berencana Mencegah Stunting pada Kamis (16/2/2023) di Jakarta. Megawati kembali melontarkan ucapan kontroversial, kali ini ibu-ibu pengajian yang kena imbasnya.

Dalam kesempatan itu, dia membanggakan dirinya sebagai anak presiden pertama Soekarno.

“Saya ini perempuan unik di Indonesia tadi saya bilang saya anaknya presiden pertama Bung Karno beliau terkenal di seluruh dunia ini bukannya menyombongkan diri,” ujar Megawati.

Masih dalam acara tersebut, dia juga menyinggung soal ibu-ibu pengajian.

“Saya ngeliat ibu-ibu tuh ya maaf ya, sekarang kayaknya budanya, beribu maaf. Kenapa toh seneng banget ikut pengajian ya,” sindir Megawati.

Dia lalu mempertanyakan bagaimana nasib anak-anaknya yang ditinggal para ibu.

“Maaf beribu-ribu maap, saya sampe mikir gitu, iki pengajian ki sampai kapan toh yo, anake arep dikapakke (anaknya mau diapain)?” sambungnya.

6. Megawati Ogah Cucunya Pacari Pria Jelek

Masih dalam acara yang sama, Gerakan Semesta Berencana Mencegah Stunting, Megawati juga sempat menyampaikan bahwa dirinya melarang sang cucu memiliki pacar pria yang jelek dan pendek.

“Saya bilang dari sisi ilmu genetika, itu merusak banget. Aduh gak deh, hayo ketawa lh0. Wah iya lho. Pokoknya saya ceplas ceplos. Lho iya dong, maunya 180 cm. Saya ngomongin dong ke cucu saya, yang keren dong, ganteng,” ucapnya.

Megawati lalu kembali memuji para cucunya yang cantik dan tidak sepadan dengan pria yang jelek.

“Yang ini kan 5perempuan, cantik-cantik lagi. Aduh aku ya sayang loh, kalau dipek wong elek (kalau diambil orang jelek),” sambung Megawati. (Sumber)