Sosok Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel, Moderator Debat Perdana Pilpres 2024

KPU telah mengumumkan dua nama moderator yang akan memimpin jalannya debat Pilpres 2024 perdana pada 12 Desember 2023 mendatang. Mereka adalah Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
Seperti apa profil keduanya?
  • Ardianto Wijaya

Nama lengkapnya Ardianto Wijaya Kusuma. Ia lahir di Banyuwangi, 25 Agustus 1993.Ardianto adalah news anchor TVRI.

Mulanya, ia berkarier sebagai presenter di TVRI Jawa Barat.

Dikutip dari situs Fikom Unpad, Ardianto pernah memecahkan rekor sebagai anchor termuda dengan umur 18 tahun yang dikirim untuk siaran di TVRI Nasional.

Sulung dari 2 bersaudara ini dikenal memiliki prestasi saat menjadi mahasiswa di Unpad. Ia berhasil menyabet predikat Putra Padjadjaran, dalam pemilihan Putra Putri Padjadjaran 2013.

Ia merupakan lulusan D3 Broadcasting angkatan 2011 Fikom Unpad. Studi SMA-nya di SMAN Glagah Jateng.

  • Valerina Daniel
Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Valerina Daniel Bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Valerina Daniel Bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan

Valerina lebih senior dibanding Ardianto. Perempuan kelahiran 28 November 1978 ini seorang jurnalis, Duta Lingkungan, serta Penasihat Komunikasi dan Keberlanjutan untuk Pemerintah Indonesia.

Saat ini dia menjadi news anchor program Bahasa Inggris di TVRI World.

Ia juga memiliki karier panjang di bidang presenting. Beberapa stasiun tv yang pernah memakai jasanya adalah TPI, Metro TV, BeritaSatu, SCTV, dan ANTV.

Valerina adalah None Jakarta 1999 dan Runner Up Puteri Indonesia/Miss ASEAN Indonesia 2005.

Sejak tahun 2007, Valerina ditunjuk menjadi Duta Lingkungan dan bertugas sebagai Communications Adviser dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim.

Valerina Daniel. Foto: Instagram/@valerinadaniel