Sarmuji Soal Jokowi Gunakan Dasi Kuning: Tanda Chemistry Dengan Partai Golkar

Hari ini Presiden RI Joko Widodo mencuri perhatian publik karena berpakaian tidak seperti biasanya yaitu memakai dasi kuning. Pasalnya warna kuning identik dengan warna Partai Golkar.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Golkar Jawa Timur yang juga wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji angkat bicara.

“Pak Jokowi itu orang Jawa yang penuh makna simbolik. Ada pepatah jawa ‘jalmo lipat, seperapat tamat’,” kata Sarmuji, dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2023).

 

“Tidak perlu banyak bicara bicara seperempat saja sudah cukup. Bahkan tidak perlu bicara, isyarat saja sudah bisa menjelaskan semuanya,” sambungnya.

Sarmuji menambahkan, dalam diskusi yang digelar beberapa hari yang lalu ia pernah menyampaikan Jokowi selalu nyaman di Golkar.

“Ketika Pak Jokowi memakai dasi kuning tidak seperti biasanya, itu mengkonfirmasi kenyamanan yang saya maksud,” papar Sarmuji.

Beberapa waktu lalu Sarmuji memang membeberkan kenyamanan Jokowi kalau di tengah acara Golkar. Sarmuji menjelaskan kalau di acara Golkar Jokowi menikmati sampai acara selesai.

Menurut Sarmuji, kenyamanan Jokowi bukan hanya faktor psikologis karena selalu disambut hangat. Lebih dari itu, program Jokowi dan Golkar nyaris sama 100%.

“Bagaimana Pak Jokowi memandang hilirisasi jauh hari sudah menjadi suara Golkar untuk memberikan nilai tambah atas setiap sumber daya alam yang dimiliki. Pandangan Pak Jokowi untuk menjaga daya beli masyarakat juga sama sehingga perekonomian memiliki daya tahan yang baik terhadap goncangan ekonomi,” ungkap Sarmuji.

Ia menegaskan jika Golkar-lah yang selama ini mengamankan program Jokowi di parlemen. Sebagai anggota DPR, Sarmuji mengaku tahu betul mengenai hal ini.

“Apa yang menjadi kebijakan Pak Jokowi menyangkut bagaimana memajukan bangsa selalu Golkar mendukung dengan penuh totalitas,” kata Sarmuji.

“Dengan seluruh totalitas Golkar terhadap Pak Jokowi, wajar terbangun chemistry antara Golkar dan Pak Jokowi. Dan itu diisyaratkan dengan dasi warna kuning,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelum berangkat ke Jepang untuk menghadiri beberapa pertemuan bilateral, Jokowi mengadakan jumpa pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Sabtu (16/12).

Setelan yang dikenakan Jokowi pun menarik perhatian. Ia menggunakan jas berwarna biru, kemeja putih, dan dasi kuning sebagai pelengkap.(Sumber)