Rachel/Trias Juara Odisha Masters 2023 Usai Bungkam Andalan Tuan Rumah Juara Syed Modi International 2023

Indonesia pulang dengan hasil manis dari final Odisha Masters 2023 lewat gelar juara yang diraih Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari yang mampu mengandaskan unggulan tuan rumah.

Laga puncak turnamen BWF Tour Super 100 tersebut ditutup dengan partai manis bagi skuad bulu tangkis Merah Putih setelah kemenangan heroik yang ditampilkan Rachel/Trias.

Bertanding di Jawaharlal Nehru Indoor Stadium, Odisha, India, Minggu (17/12/2023), ganda putri Indonesia tersebut sukses membungkam wakil andalan tuan rumah sekaligus unggulan tiga, Ashwini Ponnappa/Tanisha Crasto.

Apa yang ditampilkan Rachel/Trias cukup di luar dugaan lantaran mereka mampu menang cukup telak dan membuat pasangan yang baru saja menjuarai Syed Modi International 2023 (Super 300) pekan lalu itu banyak mati kutu.

Rachel/Trias sempat tertekan lebih dulu di gim pembuka.

Teriakan pendukung tuan rumah begitu menggema di lapangan yang dengan sangat jelas mendukung pasangan India. Rachel/Trias sempat tertinggal karena beberapa kesalahan antisipasi pengembalian lawan.

Namun ketika berhasil menyamakan kedudukan 8-8, di situlah reli mulai berada di bawah kendali anak didik Eng Hian tersebut.

Rachel/Trias yang masih berusia 21 tahun itu berhasil membuat Ponnappa/Crasto kewalahan dengan reli jahanam mereka.

Permainan serangan cepat dan minim reli karet ala Rachel/Trias, sama sekali tidak mengenakkan untuk diladeni wakil India.

Rachel/Trias memimpin 11-8. Selepas jeda interval, mereka semakin dominan. Riuh sorak sorai pendukung kedua pasangan semakin panas. Psywar makin terlihat antar-penonton di tribun.

Hampir semua pemain Indonesia yang sudah gugur, terpantau turut mendukung Rachel/Trias. Mereka sangat kompak meneriakkan yel-yel semangat untuk membantu Rachel/Trias keluar dari tekanan pendukung lawan yang memenuhi tribun penonton.

Dropshot silang Rachel berhasil mengecoh Crasto hingga salah langkah. Sejak memasuki poin krusial, Rachel/Trias terus menerus menambah angka.

Sementara wakil India mulai tertekan dan banyak mati sendiri. Gim pertama berhasil dikantongi pasangan Indonesia dengan kemenangan cukup telak 21-14.

Memasuki gim kedua, Rachel/Trias langsung tancap gas dengan keunggulan 6-0. Namun seperti ciri khas tipikal pemain muda, mereka sempat lengah saat nyaris tersusul sebelum menambah keunggulan 9-7.

Laga berlangsung sengit di pertengahan gim kedua setelah interval 11-8 untuk keunggulan Rachel/Trias.

Terlalu bernafsu untuk mematikan, pasangan India justru kembali panen eror saat smes bertubi-tubi mereka gagal menembus pertahanan Rachel/Trias dan berujung mati sendiri.

Sayangnya, eror beruntun sempat menaungi raket Rachel/Trias yang didekati sampai 12-11.

Jump smash dari Trias akhirnya menghentikan poin beruntun lawan, memecah jantung pertahanan Ponappa/Crasto di sisi tengah. Rachel/Trias menjauh 15-12.

Teriakan pendukung Indonesia semakin riuh, membuat wakil India yang berstatus tuan rumah justru lama-lama menciut. Pasangan senior-junior itu makin sulit keluar dari tekanan.

Sayangnya, Rachel/Trias kembali sempat melengah saat Trias memaksakan pukulan overhead yang sudah out of position, membuat mereka didekati 16-15.

Tetapi di sisi lain Ponnappa/Crasto kembali terlalu buru-buru saat melancarkan counter dan smes yang justru melebar secara beruntun, membuat Rachel/Trias unggul 18-15. Sempat terjadi reli-reli panjang menguras keringat di kedudukan ini yang membuat pasangan Indonesia terbawa arus pola permainan lawan.

Rachel yang berperan sebagai playmaker terus dipancing ke belakang oleh lawan. Namun akhirnya, wakil India yang malah berakhir eror sendiri.

Backhand ajaib dari Rachel mengecoh lawan sekaligus mengantarkan pasangan Indonesia meraih match point 20-17.

Pengembalian melebar lawan pun akhirnya memastikan Rachel/Trias juara dengan skor akhir 21-14, 21-17. Ini merupakan gelar pertama Rachel/Trias di ajang BWF Tour sekaligus pertama di tahun ini setelah sebelumnya menjadi runner-up Indonesia Masters 2023 Super 100.

Sedangkan bagi Ashwini Ponnappa/Tanisha Crasto, mereka gagal membukukan back-to-back juara setelah pekan lalu baru saja menjadi kampiun di ajang Super 300, Syed Modi International 2023.

REKAP HASIL FINAL ODISHA MASTERS 2023, MINGGU (17/12/2023):

XD – Dhruv Kapila/Tanisha Crasto (India) vs Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica (Singapura/1): 17-21, 21-19, 23-21

MS – Sathish Kumar Karunakaran (India/6) vs Ayush Shetty (India): 21-18, 19-21, 21-14

MD – Lin Bing-Wei/Su Ching Heng (Taiwan/7) vs Krishna Prasad Garaga/Sai Pratheek K (India): 20-22, 21-18, 21-17

WS – Nozomi Okuhara (Jepang/4) vs Lo Sin Yan Happy (Hong Kong): 21-7, 21-23, 22-20

WD – Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari (5) vs Ashwini Ponnappa/Tanisha Crasto (India/3): 21-14, 21-17

(Sumber)