Indonesia Gagal Sabet Gelar Juara Satupun di BWF World Tour Finals 2023

Ajang BWF World Tour Finals 2023 sudah rampung digelar. Indonesia sendiri gagal menyabet satu pun gelar juara dalam ajang yang digelar di Hangzhou Olympic Sports Expo Center, China itu.

Indonesia tak bisa membawa satu pun piala kemenangan tahun ini. Hal itu terjadi karena dari dua wakil skuad merah putih yang berhasil masuk ke babak semifinal, semuanya gagal melaju ke final.

Jonatan Christie

Pebulu tangkis andalan Indonesia di sektor tunggal putra, Jonatan Christie, gagal merebut kemenangan di babak semifinal. Dia kalah dua gim langsung dari Shi Yu Qi di babak semifinal. Jonatan harus bertemu Shi Yu Qi usai keluar sebagai runner up di Grup B.

Sementara itu, di sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, juga gagal melaju ke babak final. Langkah mereka terhenti usai kalah melawan ganda China, Liang Wei Keng/Wang Chang, di babak semifinal usai bertarung 3 gim.

Di babak final, duel-duel sengit pun tersaji. Di sektor tunggal putra, raja bulu tangkis asal Denmark, Viktor Axelsen, sukses merebut gelar juara usai mengalahkan Shi Yu Qi. Axelsen yang menguasai pertandingan sukses menang dalam dua set langsung.

Pertarungan alot terjadi terjadi di sektor tunggal putri yang mempertemukan Tai Tzu Ying (Taiwan) melawan Carolina Marin di babak final BWF World Tour Finals 2023. Marin yang menguasai gim pertama, tak membuat Tai Tzu Ying panik. Tai Tzu Ying pun berhasil menguasai 2 gim setelahnya menutup kemenangan dengan poin 21-18.

Berikut Daftar Juara BWF World Tour Finals 2023:

Kategori Tunggal Putra: Viktor Axelsen

Kategori Tunggal Putri: Tai Tzu Ying

Kategori Ganda Putra: Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae

Kategori Ganda Putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan

Kategori Ganda Campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong

(Sumber)