Ini Alasan Bos Pramac Ducati Paolo Campinotti Lebih Pilih Jorge Martin Daripada Marc Marquez

CEO Pramac Ducati, Paolo Campinotti, terang-terangan menyebut lebih memilih Jorge Martin ketimbang Marc Marquez. Pertimbangan ekonomi dan usia menjadi alasan utama.

Seperti diketahui, Marquez akan habis kontrak pada MotoGP 2024. Dia hanya diikat dengan kontrak berdurasi selama setahun dengan Gresini Racing Team.

Di sisi lain, kontrak sebagian besar pembalap akan habis pada tahun ini, termasuk Martin. Wajar bila tim-tim kini tengah mempertimbangkan dengan masak-masak untuk merekrut pembalap musim depan.

Campinotti mengatakan, pilihan paling masuk akal baginya adalah mempertahankan Martin atau berusaha mendapat tanda tangannya lagi. Marquez memang opsi yang menarik tetapi tidak dari segi ekonomi.

“Jika saya harus berusaha (secara ekonomi), dan saya mengatakannya secara terbuka, saya akan mengejar Martin, yang lebih berharga daripada Marc,” kata Campinotti, dikutip dari Crash, Sabtu (13/1/2024).

“Pada akhirnya, dia lebih muda dan saya lebih menyukainya,” imbuh pria asal Italia itu.

Lebih lanjut, Campinotti mengaku pihaknya tertarik menggunakan jasa Marquez pada MotoGP 2024. Akan tetapi, sebagai tim satelit resmi Ducati, mereka hanya bisa mengontrak pembalap dengan durasi dua tahun.

“Kami tertarik merekrut Marquez dan Ducati sudah mengizinkan kami untuk mendatangkannya, tetapi hanya dengan kontrak dua tahun,” aku Campinotti.

Jorge Martin (Pramac Ducati) melaju pada balapan MotoGP Qatar 2023 (Foto: Reuters/Ibraheem Al Omari)

Pada akhirnya, Marquez memutuskan hengkang ke Gresini dengan kontrak setahun. Kebijakan di tim milik Nadia Padovani itu memang berbeda lantaran tidak terikat secara langsung dengan Ducati.

Pramac sendiri sudah mengontrak Martin dan Franco Morbidelli pada MotoGP 2024. Patut dinanti siapa yang akan direkrut untuk MotoGP 2025 ketika kontrak pembalap asal Spanyol itu habis.(Sumber)