Piala Asia 2023: Penalti Asnawi Mangkualam Bawa Timnas Indonesia Sikat Vietnam 1-0

Timnas Indonesia menang tipis 1-0 atas Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023.

Hasil ini membuat Skuad Garuda selangkah lagi ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2023). Satu-satunya gol di laga kali ini kreasi Asnawi Mangkualam dari titik putih.

 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia langsung bermain menekan di menit-menit awal pertandingan. Kerjasama satu dua antarpemain sempat membuka peluang untuk Rafael Struick di lini pertahanan lawan.

Sayang, tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih mengarah tepat ke penjaga gawang Vietnam. Setelahnya, Timnas Indonesia terus menggempur lini belakang The Golden Star.

Pratama Arhan dari sisi kanan lapangan juga ikut memberikan memberikan ancaman lewat umpan-umpan silang. Rafael Struick kembali mendapat peluang emas usai menerima umpan Egy Maulan Vikri.

 

Namun, tembakan placing dari pemain ADO den Hag itu masih melambung tipis dari mistar gawang lawan. Serangan demi serangan terus dilancarkan pasukan Shin Tae-yong.

Sementara Vietnam cenderung bermain bertahan sambil sesekali melancarkan serangan balik. Peluang emas didapat Timnas Indonesia pada menit ke-37.

Sandy Walsh nyaris membawa Timnas Indonesia unggul atas Vietnam. Sayang, bola tandukan Sandy Walsh yang mengarah ke pojok kanan gawang masih bisa ditepis Filip Nguyen.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta di menit ke-43. Timnas Indonesia mendapat hadiah penalti usai Rafael Struick mendapat tarikan dari bek lawan.

 

Asnawi Mangkualam yang maju sebagai eksekutor menjalan tugasnya dengan tenang. Tembakan kerasnya gagal di baca kiper Vietnam. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Vietnam yang tertinggal bermain lebih agresif di babak kedua. Namun, lini pertahanan Timnas Indonesia masih cukup disiplin untuk menghalau gempuran serangan yang datang.

Ernando Ari yang berada di bawah mistar gawang juga bermain sangat baik. Dia melakukan beberapa penyelamatan penting untuk menjaga gawangnya dari kebobolan.

Hokky Caraka masuk menggantikan Rafael Struick di babak kedua. Striker PSS Sleman itu langsung memberikan ancaman ke lini pertahanan Vietnam.

baca juga:

Hasil Timnas Irak vs Timnas Jepang di Piala Asia 2023: Kejutan, Singa Mesopotamia Menang 2-1!
Tempo tinggi terus terlihat antara kedua tim hingga menit-menit akhir pertandingan. Vietnam yang bermain dengan 10 pemain tak gentar untuk bermain menyerang.

Peluang untuk menyamakan kedudukan sempat didapat The Golden Star. Namun, Yakob Sayuri berhasil melakukan blok sangat baik sehingga gawang Indonesia masih aman dari kebobolan.

Pertandingan pun berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Timnas Indonesia. Hasil ini sekaligus membawa pasukan Shin Tae-yong kian dekat untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia XI (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jordi Amat, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner; Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Yakob Sayuri.

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam XI (3-5-2): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Bui Hoang Vietn Anh; Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

Pelatih: Philippe Troussier

(Sumber)