Kisah Rivalitas Terbaik Bulutangkis Dunia Sepanjang Masa: Lee Chong Wei Vs Lin Dan

KISAH rivalitas terbaik bulutangkis dunia sepanjang masa antara Lee Chong Wei dan Lin Dan akan diulas Okezone pada artikel ini. Sebab menarik tentunya mengetahui persaingan di antara dua tunggal putra terbaik yang pernah hadir di dunia bulu tangkis.

Ya, Lin Dan dan Lee Chong Wei adalah dua pebulutangkis luar biasa yang menguasai persaingan di sektor tunggal putra sejak era 2000 an. Keduanya seperti tak terhentikan dan hanya Taufik Hidayat dan Peter Gade yang mampu sedikit menggoyahkan dominasi mereka.

Kedigdayaan Lee dan Lin tanpa sadar membuat keduanya terlibat persaingan yang sangat sengit. Baik dari rekor head to head hingga gelar, keduanya selalu saja bersaing. Tak ayal, hal ini membuat pertandingan keduanya selalu dinantikan.

Lee Chong Wei terkenal dengan permainannya yang cepat, serangan balik yang kuat, ketahanan fisik yang oke, trickshot netting yang cerdik serta pukulan smash yang sangat keras dan tajam. Hal ini membuat Lee sulit dikalahkan.

Di sisi lain, Lin Dan memiliki gaya bermain yang bertolak belakang dengan Lee. Permainan tunggal putra China itu dikenal dengan permainannya yang sabar dan taktis sesuai gaya lawan dan memberikan serangan kejut yang tiba-tiba.

Lee Chong Wei

Dengan gaya bermain yang kontradiktif ini, Lee dan Lin selalu menyajikan pertandingan seru setiap kali keduanya bertemu. Total, mereka telah bertemu sebanyak 40 kali dengan rekor head to head yang dipegang oleh Lin Dan sebanyak 28 berbanding 12.

Mereka banyak bertemu di partai final, yakni 22 kali dan juga semifinal sebanyak 15 kali. Termasuk saat mereka dua kali bertemu di final ajang Olimpiade dan Kejuaraan Dunia yang mana kesemuanya dimenangkan oleh Lin Dan.

Dalam hal prestasi, Lin Dan juga unggul dalam segi kualitas. Dirinya sukses mengumpulkan gelar dari semua turnamen utama bulutangkis seperti Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Dunia, Thomas Cup, Sudirman Cup, Final Super Series, All England Open, Asian Games, dan Asia Championship.

Ini menjadikan Lin Dan menjadi pemain pertama dan masih satu-satunya yang berhasil melakukan hal ini. Tidak hanya itu, pemain berjuluk Super Dan itu juga menjadi tunggal putra pertama yang memenangkan Olimpiade dua kali beruntun dan tampil dalam 10 kali final All England Open.

Namun jika melihat secara kuantitas, prestasi Lee Chong Wei jauh lebih unggul. Total, tunggal putra legendaris Malaysia ini mengumpulkan 47 gelar yang membuatnya menjadi tunggal putra tersukses sepanjang 2007 hingga 2017.

Lee juga memegang rekor berbagai turnamen seperti 12 kali juara Malaysia Open, 6 kali juara Indonesia Open, dan 5 kali juara Hongkong Open. Dan yang paling luar biasa, Lee memiliki rekor menjadi peringkat 1 dunia terlama dengan jangka waktu 348 pekan.

Lin Dan

Itulah kisah rivalitas terbaik bulutangkis dunia sepanjang masa antara Lee Chong Wei dan Lin Dan.

(Sumber)