Marc Marquez Kecewa Tes Hari Pertama MotoGP 2024 di Malaysia Tak Sesuai Harapan

Marc Marquez kurang puas dengan performa yang ditampilkannya dalam hari pertama tes resmi MotoGP 2024 di Malaysia. Pasalnya, dirinya banyak mengalami masalah sehingga tak mampu membangun chemistry yang kuat dengan kuda besi barunya, Desmosedici GP23.

Marquez mengalami banyak permasalahan pada hari pertama tes resmi MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Selasa (6/2/2024). Dia terpaksa berhenti mendadak sebanyak empat kali dan kembali menuju garasi timnya lewat jalur di luar trek karena diterpa sejumlah masalah teknis.

Pada sesi sore hari, barulah juara MotoGP enam kali itu bisa meningkatkan catatan waktunya tanpa masalah apapun. Dia berakhir di peringkat sembilan dengan selisih 0,670 detik dari waktu tercepat yang dicatatkan Jorge Martin, dari Pramac Ducati.

The Baby Alien -julukan Marquez- pun merasa tes hari pertama itu seperti hari yang aneh. Pasalnya, dia terus tertimpa masalah demi masalah pada motornya. Alhasil, dia tak bisa membangun chemistry yang lebih baik dengan kuda besi anyarnya itu yang menjadi motor pertamanya di luar Ducati setelah 11 musim mengendarai Honda.

“Itu adalah hari yang sangat aneh dan sibuk. Masalah terjadi satu demi satu, namun tim menyelesaikannya dengan sangat profesional. Segala sesuatu yang bisa terjadi terjadi hari ini. Tetapi saya tidak bisa membangun kepercayaan pada motornya,” kata Marquez dilansir dari Speedweek, Rabu (7/2/2024).

Kendati demikian, Marquez mengungkapkan bahwa hari pertama ini digunakan olehnya untuk melakukan beberapa penyesuaian pada motornya. Semua itu dilakukan demi mempermudah adaptasinya dengan Desmosedici GP23.

Saya juga melakukan sedikit perbaikan pada pijakan kaki hari ini. Rencananya adalah mengadaptasi setang juga, tapi kami tidak melakukannya,” ujar Marc Marquez.

“Kami juga banyak mengerjakan rem belakang dan rem depan. Ini adalah aspek yang sangat saya anggap penting. Sekarang penting untuk memahami gaya mengemudi dan bagaimana saya harus beradaptasi dan juga bagaimana motor harus beradaptasi,” imbuhnya.

Kekecewaan Marquez di hari pertama itu bukannya tanpa alasan. Pasalnya, pada tes pascamusim di Valencia November tahun lalu di mana dia menjajal Desmosedici GP23 untuk kali pertama, dia langsung menduduki peringkat keempat.

Bintang asal Spanyol itu pun tak menampik bahwa uji coba di Valencia memang berjalan jauh lebih baik daripada hari pertama di Malaysia. Meski begitu, dia tak masalah karena dia sadar butuh waktu untuk bisa nyetel dengan motor barunya itu.

“Jika saya harus membandingkan, Valencia tentu saja lebih baik. Itu adalah hari normal di sana, tanpa masalah. Hari ini saya bertanya pada diri sendiri, di manakah saya berakhir? Saya tidak bisa mendapatkan ritme. Hanya satu jam terakhir di sore hari yang baik-baik saja,” ucap superstar kelahiran Cervera itu.

“Tapi saya harus bersabar, saya santai. Saya juga tidak harus menjadi yang tercepat di sini. Saya masih perlu waktu untuk memahami motornya dan lebih dekat dengan pembalap-pembalap tercepat,” pungkasnya.

Tes resmi MotoGP 2024 sendiri masih akan berlanjut pada 7 dan 8 Februari ini. Setelah itu, barulah tes terakhir dilakukan di Qatar pada 18-20 Februari mendatang.

(Sumber)