Tekno  

ByteDance Ikut Terjun ke AI, CEO DouYin Group Kelly Zhang Hengkang

Kepala Douyin, aplikasi kembaran TikTok di China, mengundurkan diri dari jabatannya. Ia akan mengganti perannya dengan mengambil tugas lain di perusahaan induk ByteDance Ltd.

Juru bicara ByteDance mengonfirmasi pada Rabu (7/2).

“Kelly Zhang melepaskan jabatan CEO Douyin Group,” kata juru bicara ByteDance, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (8/2).

ByteDance tidak akan menunjuk penggantinya dan Zhang akan mengalihkan fokusnya ke aplikasi pengeditan video CapCut, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena rencana tersebut bersifat pribadi.

Kelly Zhang mengambil peran sebagai CEO pada tahun 2020 dan berbagi tanggung jawab dengan Ketua ByteDance China Zhang Lidong. Kelly Zhang menjadi salah satu dari sedikit pemimpin wanita terkemuka di industri teknologi Tiongkok

Menurut seorang sumber, ByteDance tidak akan menunjuk pengganti Kelly Zhang dan dia akan mengalihkan fokusnya ke aplikasi pengeditan video CapCut.

Pengunduran diri Kelly Zhang datang hanya beberapa pekan setelah Chief Executive Officer Liang Rubo mengatakan perusahaan perlu menghindari rasa puas diri dan mengejar ketertinggalan dalam perlombaan AI.

Liang mengatakan dirinya melihat beberapa masalah organisasi yang perlu diatasi dan menyesalkan ByteDance yang tertinggal dalam perlombaan kecerdasan buatan yang dimulai oleh ChatGPT OpenAI.

“Teknologi AI akan sangat mengganggu pembuatan konten dan bahkan menghasilkan alat kreatif baru. Kami berharap untuk secara aktif mengeksplorasi, memahami sepenuhnya, dan memanfaatkan peluang yang ada,” tulis Liang dalam memo kepada staf yang mengumumkan langkah Kelly Zhang.

Kelly Zhang bergabung dengan ByteDance pada tahun 2014 dan merupakan salah satu dari sedikit perempuan terkemuka yang menduduki jabatan kepemimpinan di antara perusahaan teknologi terbesar di China.

Dalam posisinya, dia mengawasi produk dan operasi ByteDance di dalam negeri, termasuk Douyin dan agregator berita Toutiao. Di luar China, bisnis TikTok dipimpin oleh Shou Chew dari Singapura, yang merupakan salah satu CEO media sosial yang dikecam oleh senator AS minggu lalu.

Keluarnya Kelly Zhang meninggalkan ketidakpastian di puncak platform yang dia bantu bangun menjadi kekuatan e-commerce dan konten.

Douyin awalnya merupakan gudang video pendek. Namun, dengan cepat berkembang menjadi pemimpin belanja online dan media sosial, menciptakan template untuk Toko TikTok ByteDance di luar negeri.

Layanan ini kini menantang WeChat milik Tencent dalam hal periklanan, memaksa perusahaan besar tersebut untuk kembali fokus pada inisiatif videonya sendiri, dan mengikis pangsa pasar Alibaba dalam belanja online.(Sumber)