Kepercayaan Diri Joan Mir Sudah Kembali, Siap Menggilas di MotoGP 2024

Kepala Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyebut Joan Mir sudah menemukan kepercayaan dirinya lagi. Akankah hal ini bakal membuat Joan Mir tampil menggil di MotoGP 2024?

Puig mengaku sama sekali tak meragukan kemampuan Joan Mir meski tampil buruk di MotoGP 2023. Dia menilai kini pembalapnya itu sudah menemukan kepercayaan dirinya lagi sehingga siap untuk bangkit di musim 2024.

Joan Mir

Seperti diketahui, Mir hanya mampu finis di peringkat 22 klasemen MotoGP 2024 dengan koleksi 26 poin saja. Musim debutnya dengan Repsol Honda tak berjalan mulus selepas dirinya pindah dari Suzuki Ecstar karena serangkaian masalah terus menghantuinya.

Pembalap asal Spanyol tersebut mengalami kecelakaan hingga 24 kali sepanjang musim lalu. Bahkan, dia sudah absen sejak seri kedua di Argentina karena mengalami trauma pada bagian kepala dan lehernya.

Kemudian, juara MotoGP 2020 itu juga melewatkan tiga seri lainnya karena cedera tangan yang dideritanya usai kecelakan di Italia. Musim debutnya pun berakhir lebih awal dalam seri terakhir di Valencia karena setelah kecelakaan di FP1, trauma di kepalanya kambuh sehingga membuatnya tak mampu mengikuti balapan.

Kendati demikian, Puig menegaskan bahwa Honda sama sekali tak pernah meragukan kemampuan Mir. Dia yakin ridernya itu kini sudah menemukan kepercayaan dirinya lagi dan siap untuk bangkit di MotoGP 2024.

Kami mengenal Joan dari masa lalu dan kami tahu dia mengalami kesulitan besar dengan motornya tahun lalu. Namun tahun ini dia kembali menemukan kepercayaan dirinya,” kata Puig dilansir dari Speedweek, Rabu (14/2/2024).

“Dia pembalap yang sangat cepat, dia juara dunia dua kali, tidak ada tanda tanya bagi kami. Kita lihat saja bagaimana motor ini bisa membantu menunjukkan potensinya,” imbuhnya.

Joan Mir

Sejauh ini, Mir dan rekan setim barunya, Luca Marini, merasakan perubahan yang siginifikan dari pengembangan motor baru Honda menjelang MotoGP 2024. Meski masih banyak yang perlu dibenahi, mereka berdua menilai tim pabrikan asal Jepang itu sudah menuju ke arah yang benar untuk keluar dari masa-masa kelam dalam beberapa musim terakhir.

Mir pun menjadi rider Honda tercepat dalam tes pertama MotoGP 2024 di Malaysia pekan lalu. Rider berusia 26 tahun itu duduk di posisi 10 dengan selisih 0,692 detik dari waktu tercepat yang dicatatkan bintang Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia.

(Sumber)