Pemilik F1 Liberty Media Bakal Beli Hak Siar MotoGP, CEO Dorna Sports Angkat Bicara

PEMILIK Formula One (F1) dikabarkan akan membeli hak siar MotoGP. Soal kabar ini, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, pun angkat bicara.

Ezpeleta mengonfirmasi rumor perusahaan induk pemilik F1, Liberty Media, akan membeli hak siar MotoGP dari Dorna Sport. Menurut Carmelo Ezpeleta, kabar mengenai pembelian hak siar tersebut memang benar adanya.

Marc Marquez

Akhir-akhir ini, Liberty Media dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi Dorna Sports, pemegang hak siar MotoGP yang berbasis di Spanyol. Amazon, Netflix, dan Disney juga ikut serta, menurut laporan media Spanyol Expansion.

Selain itu, Liberty Media dilaporkan sedang berbicara dengan perusahaan pengelola dana aset Inggris Bridgepoint tentang mengakuisisi Dorna Sports. CVC dan KKR yang merupakan perusahaan investasi besar juga tertarik kepada Dorna.

Liberty Media sendiri merupakan kerajaan olahraga paling berharga di dunia, menurut Forbes tahun lalu. Nilainya mencapai USD18,2 miliar. Sebelumnya, Liberty Media berhasil mengambil alih F1 dari Bernie Ecclestone pada 2017.

Menanggapi rumor penjualan hak siar MotoGP ke Liberty Media tersebut, Carmelo Ezpeleta buka suara. Dia mengonfirmasi bahwa isu tersebut benar adanya, namun bingung tentang siapa yang memberikan informasi tersebut kepada publik.

“Saya mengonfirmasi rumor penjualan tersebut, tapi saya ingin tahu siapa yang menyebarkannya,” kata Carmelo Ezpeleta kepada La Repubblica, dikutip dari Crash.net.

Setiap hari, saya menerima dua atau tiga panggilan telepon dari lembaga kredit yang menanyakan apakah benar kami akan dijual,” tambahnya.

“Tapi, bank tidak mau membeli, mereka hanya menawarkan diri sebagai perantara operasional. Saya hanya bisa mengatakan bahwa kami siap: kami tetap bersama investor pertama kami dari tahun 1998 hingga 2006, 8 tahun,” katanya lagi.

Marc Marquez

“Apa pun bisa terjadi kapan saja, tapi itu belum terjadi. Mereka tentu menyukai produk dan formula yang sesuai dengan Sprints,” lanjutnya.

Terlepas dari itu, ajang MotoGP 2024 akan segera bergulir. Balapan seri perdana yang bertajuk MotoGP Qatar 2024 akan digelar di Sirkuit Losail pada 8-10 Maret 2024.

(Sumber)