News  

Viral Video Baku Tembak dan Ledakan Bom di Sarinah, Ternyata Hoax! Polisi: Aman Kondusif!

Video dengan narasi terjadi ledakan dan baku tembak di area Sarinah, Jakarta Pusat (Jakpus), hari ini viral di media sosial.

“Beredar di grup-grup WA, terdengar ledakan dan tembakan hari ini tanggal 3 Maret di Plaza Sarinah, ada yang tahu cerita sebenarnya?” tulis keterangan video tersebut dengan ejaan yang sudah diperbaiki seperti dilihat pada Minggu (3/3/2024).

Dalam video itu, terlihat ada sejumlah warga di sekitar lokasi. Perekam video menanyakan apa yang terjadi.

Pengendara di sekitar lokasi juga terlihat tidak bisa melintas. Kendaraan di lokasi itu terdengar adu klakson.

Pantauan di sekitar Sarinah, Minggu (3/3/2024) pukul 17.55 masyarakat berlalu lalang tanpa perasaan risau. Bahkan, tak sedikit warga yang berolahraga lari santai di kawasan Jakarta Pusat tersebut.

Tak nampak kejadian mencekam seperti yang beredar di media sosial. Mereka justru bercengkrama dengan santai menikmati suasana Jakarta di sore menjelang malam.

Suasana di Sarinah saat ini tampak modern dengan beragam tampilan videotron. Hal tersebut juga berbeda dengan unggahan video yang menyebar di grup-grup WA.

Wilayah sekitar Gereja Santa Theresia Jakarta juga lengang, hanya kendaraan roda dua dan empat berlalu lalang.

Warga sekitar Sarinah memastikan kejadian tersebut tak ada di wilayahnya.

Salah satu tukang ojek di kawasan Sarinah, Amrizal (48) mengaku tak mendengar suara tembak menembak. Ia sudah berada di lokasi sejak siang hari.

“Nggak ada, saya dari jam 12 (siang di sini),” katanya.

Senada dengan Amrizal, Siti (33), pedagang minuman juga mengatakan hal serupa. Ia menyebut jika video tersebut benar pasti warga sekitar sudah kabur.

“Nggak ada itu, adem-adem aja. Kalau ada sudah kabur. Dari pagi (di kawasan Sarinah) nggak dengar tembak-tembakan,” ungkap Siti.

Sementara itu, pihak keamanan (security) di sekitar Sarinah Suryanto mengatakan video tersebut hoax dan sudah lama. Ia menyebut kondisi Sarinah tak seperti yang ada di video.

“Iya itu hoax, nggak ada apa-di sini aman. Hoax itu udah lama,” katanya.

Suryanto mengatakan hingga pukul 18.28 WIB sudah ada 4 orang yang bertanya ke dirinya terkait video itu. Ia menyebut mayoritas di antaranya petugas kepolisian.

“Sudah ada 4 orang sama sekarang yang nanya itu. Nggak ada itu,” imbuhnya.

Polisi juga menegaskan narasi bahwa terjadi ledakan dan tembakan di area Sarinah hari ini adalah hoax.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan video dengan narasi ada tembakan dan ledakan pada 3 Maret 2024 adalah hoax.

“Informasi terkait adanya ledakan di Sarinah adalah hoax,” kata Susatyo.

Susatyo mengatakan situasi di kawasan Sarinah aman dan kondusif. Tidak ada ledakan maupun baku tembak di sana hari ini.

“Saat ini terdapat petugas kepolisian bertugas 24 jam yang berada di Polsek Menteng, Pospam Bawaslu, Polsubsektor Sabang, Polsubsektor Sarinah, dan Polsubsektor Thamrin,” ujarnya.

Susatyo meminta masyarakat tetap tenang. Dia meminta masyarakat untuk mengecek ulang kebenaran suatu informasi.

“Diimbau agar masyarakat tetap tenang dan cerdas dalam menerima informasi,” ucapnya.

Kapolsek Menteng Kompol Bayu Marfiando mengatakan anggotanya sudah melakukan pengecekan. Jalan Theresia terpantau tidak ada peristiwa seperti video beredar tersebut.

“Jalan Theresia hasil pengecekan nihil, situasi aman kondusif,” ucap Bayu.