News  

Bangkai Hewan Misterius Mirip Putri Duyung Terdampar di Papua Nugini, Ilmuwan Bingung

Bangkai hewan misterius yang mulai membusuk berwarna putih dengan bentuk seperti putri duyung ditemukan terdampar di sebuah pulau di Papua Nugini, pada September 2023 lalu. Namun, sampai saat ini para ahli dibikin bingung tentang apa sebenarnya makhluk misterius tersebut.

Peneliti menduga, makhluk itu adalah mamalia laut, kendati asal usulnya masih belum jelas. Adapun bangkai ditemukan pada 20 September 2023 oleh penduduk setempat di Pulau Simberi, pulau vulkanik dengan populasi sekitar 1.000 orang di Laut Bismarck di Provinsi New Ireland. Penampakannya kemudian diposting di akun Facebook New Irelanders Only (NIO).

Bangkai itu kini dikenal sebagai globster, massa organik tak dikenal yang terdampar di daratan. Saat ditemukan, globster telah membusuk, dan sebagian tubuhnya hilang di lautan, termasuk kepala dan beberapa bagian tubuh.
Tak ada informasi mengenai ukuran dan berat bangkai tersebut karena tidak dilakukan analisis mendalam saat pertama ditemukan. Globster kini telah dikubur oleh penduduk setempat tak lama setelah ia ditemukan. Tak ada juga sampel DNA sehingga hewan tersebut sulit untuk diidentifikasi. Para ahli hanya bisa mengidentifikasinya dari gambar yang diunggah di Facebook.

Helena Marsh, ilmuwan lingkungan di James Cook University di Australia, mengatakan bahwa makhluk itu sekilas terlihat seperti mamalia laut. Sementara menurut Sascha Hooker, pakar mamalia laut di University of St Andrews di Skotlandia, globster justru terlihat seperti cetacea, kemungkinan paus atau lumba-lumba yang kulitnya terkelupas.

Dalam studi yang terbit pada 2021 di jurnal Pacific Science, cetacea yang paling umum di wilayah tersebut adalah paus pilot sirip pendek (Globicephala macrorhynchus), lumba-lumba pemintal (Stenella longirostris), lumba-lumba bintik pantropis (Stenella attenuata), dan paus sperma (Physeter macrocephalus).

Erich Hoyt, peneliti di Whale and Dolphin Conservation di Inggris dan penulis buku tentang cetacea, setuju bahwa makhluk itu adalah seekor paus kecil. Namun, ada kemungkinan juga itu adalah dugong atau sapi laut yang diketahui hidup di perairan dangkal di Papua Nugini.

Ada juga pakar yang menyebut globster adalah mamalia laut gemuk, yang sebelumnya menginspirasi cerita tentang putri duyung.

“Perkiraan terbaik saya adalah kemungkinan itu adalah Dugong,” kata Jens Currie, kepala ilmuwan Pacific Whale Foundation di Hawaii. “Berdasarkan sisa kepalanya, ia terlihat terlalu lebar untuk menjadi cetacea, dan jumlah lemak juga mengindikasikan mamalia laut dan bukan hiu.”

Sementara menurut Gavin Naylor, ahli biologi kelautan di University of Florida yang menjalankan International Shark Attack Files, sisa-sisa makhluk misterius ini kemungkinan adalah hiu besar. Meski terlihat agak aneh karena seluruh kulitnya tampak membusuk.

Sampai saat ini globster di Papua Nugini masih menjadi misteri dan diperdebatkan di kalangan ilmuwan. Ada yang bilang itu hiu, dugong, putri duyung, hingga paus. Menurutmu, itu makhluk apa ya?
(Sumber)