Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda Umumkan Maju di Pilgub Jabar 2024

Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda, memastikan dirinya akan maju di Pilgub Jabar pada November mendatang. Hal tersebut dipastikan setelah PKB memperoleh 15 kursi di DPRD Jabar.

“Saya maju sebagai calon gubernur untuk Pilkada Gubernur yang akan datang tepatnya 27 November nanti,” kata dia di Kantor DPW PKB Jabar, Kota Bandung, pada Minggu (17/3).

Huda mengaku sudah mulai menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk membangun koalisi. Sebab, PKB masih membutuhkan 9 kursi lagi apabila ingin mengusung Huda sebagai cagub.

Huda mengatakan, partai politik yang sudah diajak berbincang terutama partai yang tergabung ke dalam Koalisi Perubahan yakni PKS dan NasDem. Namun, jika tak memungkinkan terjalin koalisi untuk Pilgub Jabar, maka Huda bakal membuka peluang koalisi dengan partai lain.

“Jadi start-nya dari situ (Koalisi Perubahan), ketika dihitung potensi dan peluang tidak memungkinkan maka kami akan membangun koalisi dengan partai yang lain,” ujar Ketua Komisi X DPR itu.

Selain menyatakan bakal maju dalam Pilgub Jabar, Huda juga mengungkapkan PKB bakal mengusung kader sendiri untuk maju sebagai Calon Bupati dan Calon Wali Kota di 14 kabupaten dan kota di Jabar. Salah satu wilayah yang dipastikan akan diisi kader PKB yakni Kabupaten Bandung.

“Kami pastikan kader terbaik PKB minimal maju sebagai bupati atau wali kota di 14 kabupaten kota se-Jabar,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Huda merincikan perolehan kursi PKB pada Pemilu 2024. Untuk DPR RI dari Dapil Jabar, PKB memperoleh total 13 kursi. PKB berada di peringkat ketiga setelah Golkar dan Gerindra yang berada di peringkat satu dan dua.

“Kami dapat ranking tiga besar di DPR RI dari Jabar mengalahkan PKS dan mengalahkan PDIP. Cita-cita lama yang terlaksana tahun ini,” kata dia.

Kemudian, untuk DPRD Jabar, PKB memperoleh total 15 kursi. Sementara itu, untuk DPRD kabupaten dan kota, PKB memperoleh total 162 kursi. Angka itu meningkat apabila dibandingkan dengan Pemilu tahun 2019 dengan perolehan 121 kursi.

“Kami menghaturkan hatur nuhun pisan (terima kasih banyak) pada warga Jabar yang sudah memberikan kepercayaan cukup luar biasa bagi PKB Jabar,” ujar dia.

(Sumber)