Dito Ariotedjo Kokoh Sebagai Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Periode Februari 2024

Sebagai partai tertua di Indonesia, Partai Golkar cukup produktif dalam persoalan regenerasi dan pengkaderan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya politisi-politisi muda nan produktif duduk di berbagai tingkat kepemimpinan baik eksekutif dan legislatif dari Partai Golkar.

Sebut saja nama Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang menjadi panglima pemberdayaan kepemudaan di tingkatan eksekutif sebagai Menpora RI. Kemudian ada nama lain seperti Dyah Roro Esti, Puteri Komarudin, Ravindra Airlangga, Adrian Jopie Paruntu di tingkatan legislatif pusat, DPR RI.

Nama lebih banyak tersebar di tingkatan kepemimpinan daerah seperti Aditya Halindra Faridzky, Roby Kurniawan, Pilar Saga Ichsan dan Dico Ganinduto sebagai kepala daerah yang memiliki usia relatif muda. Selain itu ada nama Sekar Tandjung, Ilyas Akbar Almadani, Dimaz Raditya Soesatyo, Rob Clinton Kardinal, Adiel Muhammad Kanantha, Ilham Permana dan Rian Ernest bisa jadi mewakili kelompok muda yang masih akan mekar di masa depan.

Karena merasa bahwa masa depan Partai Golkar terproyeksi cerah dengan keberadaan para politisi muda ini, kami redaksi Golkarpedia mencoba menelisik popularitas mereka dengan indikator kuantitas pemberitaan pada waktu periode tertentu, dalam hal ini periode satu bulan pemberitaan.

Pemberitaan bisa menjadi indikator penting dari popularitas seorang figur. Dengan banyaknya pemberitaan maka akan semakin berpotensi pula seseorang dikenal oleh publik. Terlepas dari isu apa yang diwacanakan dalam pemberitaan tersebut, amplifikasi dari penyebutan figur dalam sebuah pemberitaan membuat masyarakat semakin mengenal tokoh tersebut.

Sedangkan untuk figur muda yang kami lakukan riset, sebelumnya kami batasi pada usia 40 tahun. Batas usia 40 tahun ini melebihi ketentuan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yang menyebut bahwa rentang usia muda berada di batas usia 16 sampai dengan 30 tahun. Tetapi kami memiliki alasan bahwa dalam perjalanan karir politik seseorang, pada usia 30 tahun masih belum terlalu panjang dan terlihat di ranah publik.

Berdasarkan hasil riset kami dengan mengambil sampel 15 nama politisi muda Partai Golkar yang berada pada top of mind publik, kami menemukan 4 figur utama politisi muda Partai Golkar yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak pada periode Februari 2024. Untuk figur pertama ada nama Menpora RI, Dito Ariotedjo yang menyandang predikat sebagai politisi muda Partai Golkar terpopuler di bulan Februari 2024.

Pada periode Februari 2024, Dito Ariotedjo memiliki pemberitaan sebanyak 975 berita dengan reach mencapai 5,7 juta jangkauan atas pemberitaan yang dimilikinya. Jabatannya sebagai menteri membuatnya ada dalam posisi menguntungkan untuk menghasilkan banyak pemberitaan. Kami mencatat, tak seharipun website resmi Kemenpora absen untuk mengabarkan aktivitas dan kegiatan Menpora Dito Ariotedjo.

Ditambah dengan amplifikasi dari berbagai media pemberitaan, maka jumlah berita terkait Dito Ariotedjo memang cukup berlimpah. Pada Februari 2024, pria kelahiran 25 September 1990 ini banyak disorot mengenai kabar tentang Pileg 2024. Kebetulan Menpora Dito Ariotedjo juga maju sebagai Caleg Partai Golkar DPR RI dari Dapil DKI Jakarta I. Hal yang diberitakan adalah proyeksi media tentang gagalnya Menpora Dito Ariotedjo melenggang ke Senayan. .

Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar ini juga tercatat memiliki banyak sorotan pemberitaan terkait pertandingan basket one on one antara Menpora Dito Ariotedjo dengan pebasket sombong, Denny Sumargo. Kemudian tanggapan Menpora Dito Ariotedjo mengenai fenomena banyaknya atlet yang maju sebagai Caleg di Pemilu 2024.

Di posisi kedua ada nama Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Untuk periode Februari 2024, politisi muda Partai Golkar asal Sulawesi Utara tersebut memiliki pemberitaan sebanyak 525 berita dengan jangkauan mencapai 3,5 juta reach sepanjang periode tersebut.

Pemberitaan terkait Jerry Sambuaga diantaranya adalah kunjungan kerja Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan di Minahasa. Dalam kesempatan tersebut, Jerry Sambuaga mengajak warga Minahasa mencintai produk lokal. Kemudian ada penjelasan Jerry Sambuaga mengenai penurunan ekspor RI bukan disebabkan karena hilirisasi industri.

Lalu tentang tanggapan Jerry Sambuaga mengenai kenaikan harga bahan pokok. Ia menyebut bahwa kenaikan bahan pokok terjadi menjelang bulan Ramadhan dan hanya untuk beberapa komoditas, tidak secara keseluruhan. Selanjutnya tentang penjelasan Wamendag di forum Economic Outlook 2024 CNBC Indonesia mengenai kenapa Uni Eropa menjegal produk sawit Indonesia.

Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan menjadi sosok politisi muda Partai Golkar terpopuler yang berada di urutan ketiga. Pria kelahiran 14 Mei 1991 ini cukup mendapat banyak pemberitaan pada Februari 2024. Total ada 278 pemberitaan dengan reach sebesar 397.017 jangkauan yang menyebut namanya selama periode satu bulan.

Pemberitaan mengenai Pilar Saga Ichsan di antaranya adalah mengenai instruksi Pilar Saga Ichsan kepada tenaga kesehatan agar secara rutin mengecek kesehatan petugas Pemilu. Kemudian pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh Pilar Saga Ichsan untuk UMKM di Tangsel. Ada pula pemberitaan mengenai pelaporan Pilar Saga Ichsan bahwa program bedah rumah tak layak huni di Tangsel telah mencapai 510 unit rumah.

Politisi muda Partai Golkar terpopuler keempat diisi oleh nama anggota anggota Komisi IV DPR RI, Ravindra Airlangga. Komisi ini membidangi lingkup tugas pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan. Untuk periode Februari 2024, Ravindra Airlangga memiliki sebanyak 276 pemberitaan. Jangkauan yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu mencapai 1,2 juta jangkauan.

Nama Ravindra banyak tersorot atas ajakan Ravindra Airlangga kepada kader Partai Golkar agar senantiasa berpolitik santun di Pemilu 2024. Kemudian progres raihan suara Ravindra Airlangga yang maju sebagai Caleg Partai Golkar DPR RI dari Dapil Jabar V. Ravindra Airlangga diproyeksikan mendapat suara terbanyak di antara Caleg lainnya.

Kami menempatkan 4 orang tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler dari sekian banyak nama yang kami lakukan riset. Pengambilan jumlah sebanyak 4 tokoh yang dipublikasi ini semata-mata untuk mengkampanyekan nomor urut Partai Golkar agar menjadi top of mind di masyarakat.

Daftar 4 tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler ini dapat terus berubah seiring waktu, sesuai dengan jumlah publikasi serta pemberitaan yang mereka peroleh pada periode waktu tertentu, dalam hal ini selama satu bulan. Diharapkan dengan adanya riset ini, generasi muda di Partai Golkar lebih dapat berkarya mengisi ruang-ruang diskursus publik dan menunjukkan taji bahwa memang Partai Golkar gudangnya anak muda inovatif dan kreatif.

Tokoh dan Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Februari 2024

Dito Ariotedjo
Ketua Badan Kreativitas dan Inovasi DPP Partai Golkar
Menteri Pemuda dan Olahraga RI
975 Pemberitaan
Reach: 5,7 juta jangkauan

Jerry Sambuaga
Ketua Umum DPP AMPI
Wakil Menteri Perdagangan RI
525 Pemberitaan
Reach: 3,5 juta jangkauan

Pilar Saga Ichsan
Ketua PD AMPG Banten
Wakil Walikota Tangerang Selatan
278 Pemberitaan
Reach: 397.017 jangkauan

Ravindra Airlangga
Anggota Komisi IV DPR RI
Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPP Partai Golkar
276 Pemberitaan
Reach: 1,2 juta jangkauan {golkarpedia}