Andrea Dovizioso Yakin Marc Marquez Bakal Bahaya Jika Sukses Adaptasi Motor Ducati

MANTAN bintang MotoGP, Andrea Dovizioso, meyakini Marc Marquez akan sangat berbahaya jika berhasil beradaptasi dengan motor Ducati Desmosedici GP. Ia menuturkan, The Baby Alien sudah berada di tim yang tepat.

Marquez baru saja bergabung dengan Gresini Racing setelah 11 belas tahun bersama Repsol Honda. Enam kali juara dunia itu pun sudah melakoni debutnya bersama tim yang dikepalai Nadia Padovani tersebut pada MotoGP Qatar 2024, Senin 11 Maret 2024.

Pada debutnya, Marquez sukses mengakhiri balapan di posisi keempat. Ia tertinggal dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Brad Binder (Red Bull KTM), dan Jorge Martin (Pramac Ducati) secara berurutan.

Walau gagal podium, Marquez tetap dipuji setelah melakoni debutnya bersama Gresini. Dovizioso menyebut kesuksesan mantan rivalnya pada balapan pertamanya di Ducati harus diperhatikan sebagai ‘sinyal bahaya’. Terlebih, dia tidak banyak mengubah gaya balapnya.

“Marquez telah berdosa dengan karier yang panjang dengan konsekuensi yang terlalu lama, dan untuk itu alasan dia masih tetap mengemudi dengan cara yang sama,” kata Dovizioso, dilansir dari Motosan, Rabu (20/3/2024).

“Melihat dia mengemudi seperti ini dan berada jauh di depan seharusnya membuat para pesaingnya khawatir, karena jika dia bisa memodifikasinya (gaya membalap) sedikit saja akan sangat berbahaya bagi orang lain,” tambah pria asal Italia itu.

Dovizioso mengatakan Marquez membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan Ducati. Namun demikian, ia meyakini pembalap berusia 31 tahun itu sudah berada di tim yang tepat jika ingin mengubah sedikit gaya membalapnya.

“Memodifikasi handling-nya tidak mudah setelah bertahun-tahun dan belum tua di usia 30 tahun tapi di Ducati Anda harus meluncur dengan cara tertentu,” ungkap Dovizioso.

“Selalu menggunakan bagian depan dan menyeimbangkan atau tidak menyeimbangkannya secara berbeda, jadi ketika Anda beradaptasi Anda bisa melakukannya perbedaan dan itu berada di tim yang tepat,” pungkasnya.(Sumber)