Ini Daftar 9 Pembalap Top Dunia Yang Pernah Pakai No 1 di MotoGP

TERDAPAT 9 pembalap top dunia yang pernah pakai nomor 1 di MotoGP. Kedelapan rider itu berhak menggunakan nomor keramat tersebut karena mampu menjadi juara dunia MotoGP.

Seperti yang diketahui, nomor 1 biasanya digunakan pembalap MotoGP setelah di tahun sebelumnya mampu keluar sebagai juara dunia. Nomor 1 terasa begitu spesial karena hanya yang berstatus juara dunia saja yang berhak memakainya.

Sayangnya, penggunaan nomor 1 kerap membawa sial untuk pembalap yang mengenakannya. Beberapa rider gagal mempertahankan gelar juara dunianya usai berganti ke nomor 1. Lantas siapa saja pengguna nomor 1 tersebut?

Berikut 9 Pembalap Top Dunia yang Pernah Pakai No 1 di MotoGP:

9. Wayne Rainey

Wayne Rainey

Wayne Rainey menjadi juara dunia MotoGP (dulu kelas 500cc) sebanyak tiga kali, tepatnya pada musim 1990 hingga 1992. Menariknya, Rainey mampu menguasai gelar juara itu saat menggunakan nomor 1.

8. Kevin Schwantz

Kevin Schwantz

Schwantz adalah salah satu pembalap legenda yang pernah juara bersama Suzuki pada MotoGP 1991. Lalu ia mencoba menggunakan nomor 1 setahun setelahnya.

Sayangnya, Schwantz gagal juara karena hanya bisa mengakhiri MotoGP 1992 di posisi keempat.

7. Mick Doohan

Mick Doohan

Sama seperti Rainey, Doohan pun mampu mempertahankan gelar juara dunia MotoGP-nya usai mengenakan nomor 1. Doohan berjaya di 1994 sampai 1998 sambil mengenakan nomor 1.

6. Alex Criville

Criville meraih gelar juara dunia MotoGP pertama kali bersama Honda di 1999. Kala itu ia berganti nomor 1 dan sialnya ia justru gagal mempertahankan gelar juara lantaran finis di posisi kesembilan.

5. Kenny Roberts Jr

Pada MotoGP 2000, Robert Jr mampu jadi juara dunia bersama Suzuki dengan nomor 2. Ia pun mencoba menggunakan nomor kemat di musim selanjutnya, tapi kesialan menghampiri Robert Jr lantaran mengakhiri musim di urutan 11.

4. Nicky Hayden

Nicky Hayden

Hayden menjadi juara dunia MotoGP di 2006 bersama Honda. Ia pun mencoba untuk mempertahankan gelar tersebut di MotoGP 2007, sayangnya Hayden yang menggunakan nomor 1 itu gagal mengulangi kesuksesan yang sama.

3. Casey Stoner

Casey Stoner

Stoner menjadi pembalap pertama yang mampu merebut gelar juara dunia MotoGP dengan menggunakan motor Ducati. Tentu hal tersebut sangat luar biasa, sebab Stoner menjadi juara ketika tim-tim pabrikan Jepang tengah berjaya di 2007 silam.

Sayangnya, Stoner gagal mempertahankan gelar juara itu di MotoGP 2008 usai finis sebagai runner-up. Ia kala itu menggunakan nomor 1 untuk mengarungi MotoGP 2008.

Lalu pada 2012 Stoner kembali merebut gelar juara dunia MotoGP. Bedanya kala itu ia telah berganti membela Honda.

2. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Lorenzo pernah memenangkan gelar juara dunia 250cc saat menggunakan nomor 1. Momen itu terjadi saat ia juara di kelas 250cc 2006 dan 2006.

Lorenzo pun mencoba hal yang sama usai menjadi juara MotoGP 2010 bersama Yamaha. Pada musim 2011, Lorenzo menggunakan nomor 1 dan sayangnya ia gagal juara. Lucunya pada MotoGP 2012, Lorenzo kembali mampu menjadi juara usai kembali mengenakan nomor 99.

1. Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Di era modern, Bagnaia mampu mematahkan kutukan pengguna nomor 1. Sebab Bagnaia yang memakai nomor 1 di MotoGP 2023 usai menjadi juara di musim 2022 nyatanya sukses mempertahankan gelar juaranya.

Ya, Bagnaia sukses menjuarai MotoGP 2023 sambil mengenakan nomor 1. Kali ini di MotoGP 2024 pun rider Ducati itu masih menggunakan nomor 1 sebagai nomor keramatnya.

(Sumber)