Shin Tae-yong Tanggapi Kartu Merah Ivar Jenner: Tak Ada Kontak Sama Sekali!

Shin Tae-yong kecewa dengan keputusan wasit saat Timnas U-23 melawan Qatar di Piala Asia. Duel yang digelar di Jassim Bin Hamad Stadium, Senin (15/4) malam WIB itu selesai untuk kemenangan Qatar 2-0.

Salah satu keputusan wasit yang disorot Shin adalah kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner. Gelandang Timnas U-23 itu diusir keluar lapangan pada menit ke-46.

Ivar Jenner dianggap melakukan pelanggaran kepada Saif Eldeen Hassan.
Wasit lalu memberikan kartu kuning yang merupakan kartu kuning kedua untuk Jenner. Padahal, dalam tayangan ulang kontak Jenner dengan Hassan sangatlah minim.

“Saya tidak bisa mengatakan apa pun tentang pemain yang kena kartu merah, saya kehabisan kata-kata. Sepak bola tidak seharusnya dimainkan seperti ini,” ucap Shin usai pertandingan.
“Kartu merah pertama kami, tidak ada kontak sama sekali. Mengapa mereka tidak memakai VAR dalam situasi seperti ini?” tambahnya.

Momen kartu kuning kedua Ivar Jenner memang tak bisa dicek VAR. Sebab, VAR cuma bisa mengecek empat kejadian. Keempat kejadian itu adalah gol atau tidak gol, kartu merah atau tidak kartu merah, penalti atau tidak penalti, dan kesalahan identitas saat diberi hukuman.

Berbeda dengan kartu merah yang diterima Ramadhan Sananta di injury time babak kedua. Usai menginjak Mohammed Aiash, Sananta mendapatkan kartu kuning oleh wasit.

Namun, momen ini dicek VAR karena ada potensi kartu merah untuk Sananta. Benar saja, usai mengecek VAR, hukuman kartu kuning Sananta dicabut dan diganti dengan kartu merah.

(Sumber)