Arsenal dan Manchester City Tersingkir, Wembley Kembali Gelar Final Liga Champions Tanpa Klub Inggris

Keseruan babak perempat final Liga Champions musim 2023-2024 telah menyentuh garis finis.

Dua laga terakhir pada leg kedua babak 8 besar kelar dipentaskan di Allianz Arena dan Etihad Stadium pada Kamis (18/4/2024) dini hari WIB.

Hasil pahit menjadi kenyataan yang harus diterima publik sepak bola Inggris.

Pasalnya, Arsenal dan Manchester City harus angkat kaki lebih cepat dari ajang termegah kompetisi antarklub Eropa musim ini.

Arsenal disingkirkan Bayern Muenchen usai menelan kekalahan 0-1 di Allianz Arena.

Sementara tuah Etihad Stadium seperti menguap bagi tuan rumah setelah Manchester City gagal menaklukkan Real Madrid dan justru terpinggirkan usai kalah dalam drama adu penalti.

Tersingkirnya Arsenal dan Manchester City menjadikan Inggris tak punya wakil lagi di sisa kompetisi Liga Champions musim ini setelah sebelumnya Manchester United dan Newcastle United lebih dulu gugur di babak penyisihan grup.

TTak akan ada wakil Liga Inggris yang mampu menapaki babak final setelah dalam tiga musim sebelumnya selalu ada klub Premier League di partai pamungkas Liga Champions.

Final sesama klub Inggris bahkan pernah terjadi pada tahun 2021 di mana Chelsea berjumpa Manchester City pada babak final yang dimainkan di Estadio do Dragao, Porto, Portugal.

Semusim berselang, Liverpool menantang Real Madrid di partai puncak Liga Champions yang dimainkan di Stade de France, Saint Denis, Prancis.

Musim lalu, Manchester City menjadi kampiun Liga Champions usai mengalahkan Inter Milan dalam pertandingan final di Stadion Ataturk, Istanbul, Turki.

Satu hal yang menyedihkan adalah mendapati kenyataan bahwa laga final Liga Champions musim ini akan dimainkan di Stadion Wembley yang terletak di ibu kota Inggris.

Wembley dipastikan tidak akan menjadi tempat bermain bagi klub Liga Inggris pada 1 Juni mendatang.

Hal ini mengulangi situasi final tahun 2013 di mana dua klub Jerman justru memainkan laga final di Wembley.

Terakhir kali ada wakil Inggris memainkan partai final di Wembley Stadium adalah pada tahun 2011.

Manchester United melaju hingga babak final Liga Champions musim itu namun Wayne Rooney dkk. takluk 1-3 dari Barcelona.

(Sumber)