Tekno  

Sosok Pendiri Telegram Pavel Durov, Tinggal di Dubai dan Punya Kekayaan Rp. 252 Triliun

Jika Anda pengguna media sosial di era kekinian, tentu tak asing dengan media sosial Telegram. Aplikasi dan layanannya sempat populer beberapa waktu lalu, dan hingga kini terus digunakan. Tapi tahukah Anda siapa pemiliknya? Sekilas tentang profil dan kekayaan Pavel Durov, pendiri Telegram, dapat Anda cermati di sini.

Telegram sendiri menyediakan layanan yang bebas untuk digunakan alias gratis, dan bersaing dengan layanan perpesanan lain seperti WhatsApp. Meski demikian Telegram menawarkan beberapa kelebihan lain yang kemudian menjadi daya tarik utamanya.

Mengenal Profil dan Kekayaan Pavel Durov

Menjadi salah satu tokoh di dunia modern, namanya pernah disebut sebagai ‘Mark Zuckerberg dari Rusia’ ketika aplikasi dan layanan Telegram populer sejak beberapa tahun belakangan. Diketahui, ia menjadi warga negara Prancis pada tahun 2021 silam, sebelum pindah ke Dubai di tahun 2017 bersama dengan bisnisnya.

Meski merupakan seorang Rusia, namun dirinya kemudian meninggalkan negara besar tersebut karena menolak bekerjasama dengan agen rahasia Rusia dalam menyediakan data terenkripsi dari pada pengguna layanan Telegram.

Terbukti dalam waktu beberapa saat setelah pertikaian Ukraina dan Rusia pecah, Telegram memegang peranan penting dalam penyebaran informasi, yang berupa fakta atau berupa propaganda dengan hoax yang menyertainya.

 

Berusia 39 tahun, kini ia merupakan warga negara UEA, dan tinggal di Dubai. Latar belakang pendidikannya adalah Master of Science, dari Saint Petersburg State University.

Harta Kekayaan Pavel Durov

Mengacu pada data terbaru yang dilansir dari Forbes, kekayaan yang dimilikinya saat ini berada di angka US$15,5 miliar atau setara lebih dari Rp 252 triliun. Kekayaan ini berasal dari Telegram, dengan pengguna aktif yang mencapai ratusan juta dan memiliki valuasi sangat besar.

Bahkan kekayaan Pavel Durov diprediksi bakal terus bertambah lantaran tren pengguna Telegram yang juga terus meningkat. Lantaran Telegram diperkirakan bakal menggantikan Whatsapp dan Facebook sebagai sosial media yang paling banyak dipakai orang.

Berturut-turut sejak tahun 2018 lalu, masih mengacu pada artikel di laman resmi Forbes, kekayaan Pavel Durov adalah sebagai berikut.

2018, sebanyak US$1,7 miliar
2019, sebanyak US$2,7 miliar
2020, sebanyak US$3,4 miliar
2021, sebanyak US$17,2 miliar
2022, sebanyak US$15,1 miliar
2023, sebanyak US$11,5 miliar
Hingga April 2024, sebanyak US$15,5 miliar

Dalam artikel itu juga disebut bahwa dirinya ada di urutan ke 122 untuk orang terkaya di dunia. Tidak main-main, daftar ini diisi oleh nama-nama besar pengusaha, pesohor publik, dan elit dunia.

Itu tadi sekilas tentang profil dan kekayaan Pavel Durov, semoga menjadi bacaan yang berguna untuk Anda. Selamat beraktivitas dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

(Sumber)