Wisata  

Seru! Ini 4 Alasan ‘Solo Safari’ Jadi Destinasi Wajib Selama Wisata di Solo

Liburan di Surakarta atau Solo, rasanya tak akan lengkap jika belum mengunjungi Solo Safari. Pasalnya, kebun binatang satu ini menawarkan paket lengkap wisata hiburan, pendidikan, sampai konservasi.

Solo Safari berlokasi di Jalan Ir Sutami No. 9, Jebres, Surakarta. Lokasinya tak jauh dari pusat kota dan bisa diakses dengan berbagai moda transportasi, baik kendaraan umum ataupun pribadi.

Tunggu apalagi, kalau ke Surakarta, kamu wajib memasukkan Solo Safari dalam daftar destinasi. Untuk memantapkan hati, berikut Yoursay rangkum alasan wajib berkunjung sekaligus daya tarik Solo Safari, berdasarkan pengalaman nyata kunjungan Tim Yoursay pada 28 Februari 2024 kemarin.

1. Interaksi dengan Satwa

Pertunjukan gajah di Solo Safari (Yoursay.id/Hernawan)
Pertunjukan gajah di Solo Safari (Yoursay.id/Hernawan)

Solo Safari luasnya sekitar 13,9 hektare. Dari titik awal hingga akhir, pengunjung bisa melihat aneka macam satwa. Bahkan menariknya lagi, pengunjung bisa berinteraksi langsung dan mengenal satwa lebih dalam melalui sejumlah program ataupun aktivitas.

Yoursay.id berkesempatan menyaksikan edukasi satwa aneka burung, orangutan, dan gajah di dua titik berbeda. Pada kedua sesi itu, pemandu program menjelaskan soal satwa yang ada. Pembawaan pemandu ceria dan interaktif, sehingga penonton yang kala itu didominasi oleh anak-anak terlihat antusias.

Bukan cuma memberikan penjelasan, pemandu juga memancing satwa untuk unjuk kebolehan. Misalnya pada saat pertunjukan gajah. Dipertontonkan momen saat gajah membuang sampah pada tempatnya, yang menjadi refleksi soal pentingnya menjaga lingkungan.

Yoursay.id sendiri diberi kesempatan untuk melihat burung Kakatua dari jarak dekat. Bahkan, bisa memegang dan berfoto bersama.

Satwa di Solo Safari (Yoursay.id/Hernawan)
Satwa di Solo Safari (Yoursay.id/Hernaw

Selain itu, Solo Safari sendiri memiliki segudang aktivitas lain yang membuat pengunjung mengenal satwa lebih dalam. Berbagai program itu antara lain:

  • Petting Zoo: Di area Petting Zoo, kamu dapat bermain dengan satwa jinak yang menggemaskan seperti kelinci, kambing kerdil, kura-kura darat, hingga pony ride.
  • Interaksi Satwa: Kamu bisa mengabadikan momen penuh keceriaan di Solo Safari dengan berfoto bersama dan memberi makan satwa.
  • Edukasi Satwa: Kamu bisa mengenali pentingnya konservasi alam dan lingkungan melalui pertunjukan hiburan satwa yang edukatif.
  • Satwa Tunggang: Kamu bisa mengenal lebih dekat satwa kesayanganmu dengan merasakan sensasi tunggang satwa yang menyenangkan.

2. Spot Foto Estetik

Butuh tempat “estetik” untuk mengabadikan momen selama di Solo Safari? Bisa banget! Sebab, ada berbagai titik foto yang “alam banget” dan akan menarik apabila dibagikan melalui media sosial.

Salah satu spot yang menurut Yoursay estetik, adalah kandang burung raksasa atau aviary. Solo Safari mengklaim aviary-nya merupakan yang terbesar di Jawa Tengah.

Karena sejumlah burung dilepas bebas di area aviary, pengunjung bisa swa-selfie menyesuaikan titik eksotis maupun keberadaan burung. Misalnya burung rangkong badak dan kakatua goffin. Kalau ingin dipotret, ada juga jasa foto di dalam area aviary yang juga bisa kamu manfaatkan agar hasilnya lebih bagus.

Selain itu, spot menarik lainnya ada di Makunde Resto. Di sini, pengunjung bisa mendapati spot modern dari Makunde Resto, berpadu dengan alam bernuansa ala Afrika, dengan singa jantan dan betina yang berada di balik kaca.

3. Makunde Resto yang Memikat

Resto di Solo Safari (Yoursay.id/Hernawan)
Resto di Solo Safari (Yoursay.id/Hernawan)

Pengunjung dapat menikmati sensasi makan ditemani singa di Restoran Makunde, Solo Safari. Ada berbagai menu yang ditawarkan, seperti beef tongseng, nasi bakar jimbaran, nutella biscof brownie, spaghetti aglio olio, hingga aneka minuman.

Yoursay.id sendiri menghabiskan waktu cukup lama di Makunde Resto karena tempatnya terbilang nyaman. Dari segi harga, bisa dikatakan sebanding dengan yang didapatkan. Yoursay membeli lychee tea yang enak, mampu menghilangkan dahaga di tengah udara Surakarta yang waktu itu sedang panas-panasnya.

Bukan cuma makanan dan minuman, daya tarik lain di Makunde Resto adalah adanya singa yang berada di balik kaca. Tenang saja, kacanya tebal dan pengunjung sudah dipastikan aman.

Di Makunde Resto, pengunjung dapat memperhatikan tingkah laku dua singa, jantan dan betina, seperti berada dalam habitat aslinya secara lebih dekat.

4. Ragam Event Menarik

Bukber Solo Safari (Ist)
Bukber Solo Safari (Ist)

Pihak Solo Safari agaknya tak pernah bosan menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan angka kunjungan. Salah satunya melalui event yang dibuat unik bahkan ekslusif.

Salah satunya pada momen Ramadan 2024.  Untuk menyemarakkan Bulan Suci Ramadan, Solo Safari menyajikan program paket buka puasa all you can eat di Makunde Bistro pada jam 17:30-20:00 WIB. Program ini dilangsungkan pada 11 Maret hingga 9 April 2024 mendatang.

Dalam program ini, Solo Safari menawarkan suasana alam yang asri dan menyegarkan. Solo Safari mengundang masyarakat untuk merasakan pengalaman berbuka puasa yang berbeda, ditemani dengan hiburan musik setiap hari, pertunjukan tari Arab yang memukau setiap akhir pekan, dan arena photo booth dengan background Unta.

Nah itulah daya tarik Solo Safari yang wajib masuk destinasi liburanmu apabila berada di Surakarta. Harga tiket masuknya pun masih terjangkau. Ada dua kategori yakni reguler dan premium, yang dibanderol mulai dari Rp 45.000.

Untuk informasi soal tiket dan pemesanan, bisa langsung mengunjungi situs resmi Solo Safari. Yuk ke Solo Safari!