Jazilul Fawaid: PKB Belum Tentu Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku, partainya belum menentukan akan mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilkada serentak 2024 Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Ia menyatakan, untuk menentukan sosok yang akan diusung dalam kontestasi tentu harus melalui beberapa tahap di internal partai. “Nanti keputusan, ini masih proses,” kata Jazilul saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2024).

Jazilul menyatakan, pihaknya masih menggodok siapa calon gubernur yang akan diusung oleh PKB. Ia meminta masyarakat untuk menunggu hingga PKB mengumumkan bakal calon yang maju di pilkada mendatang.

“Tunggu nanti akan disampaikan ke publik siapa calon gubernur, termasuk juga Gubernur Jawa Timur, dan gubernur-gubernur yang lain,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Emil Dardak, mengaku akan kembali menemani Khofifah Indar Parawansa dalam Pilgub Jatim 2024. Ia meyakini, dirinya bersama Khofifah akan mendapat restu oleh partai-partai lain.

“InsyaAllah ikhtiar kami dan juga mandat yang diberikan dari Partai Demokrat adalah mendampingi Bu Khofifah agar beliau bisa kembali menjadi Gubernur Jawa Timur periode 2024-2029,” kata Emil saat ditemui di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2024) malam.

Emil menjelaskan, Partai Demokrat telah berkomunikasi dengan partai lain untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Ia juga tidak menutup kemungkinan jika beberapa partai yang telah berkomunikasi, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PAN ingin memajukan kadernya untuk mendampingi Khofifah.

“Proses komunikasi ini sangat wajar dan lumrah apabila mungkin ada harapan bagaimana partai tertentu bisa mengusulkan kadernya,” ucapnya.

 

(Sumber)