News  

15 Paspor Terkuat di Dunia Tahun 2024: Prancis Hingga Korea Selatan

Bikin iri! Ada enam negara dengan paspor terkuat di dunia yang mendapat akses ke 194 destinasi dari 227 negara tanpa visa, salah satunya adalah negara tetangga, yaitu Singapura.Henley Passport Index adalah sebuah lembaga yang memberi peringkat dan menilai negara-negara berdasarkan kebebasan perjalanan yang diizinkan oleh paspor biasa warga negara.

Penilaian tersebut diambil berdasarkan data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA) dan tim riset Henley & Partners.

Indeks ini memeringkat semua paspor di dunia berdasarkan jumlah destinasi yang dapat diakses oleh pemegangnya tanpa visa.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Henley Passport Index 2024 Global Ranking, Indonesia berada di peringkat ke-68 dengan akses bebas visa ke 78 destinasi.

Untuk informasi selengkapnya, berikut daftar negara dengan akses destinasi terbanyak yang dikutip dari Henley Passport Index:

Daftar Paspor Terkuat di Dunia

Infografis paspor terkuat, data dikutip dari Henley Global / 2 Mei 2024
Infografis paspor terkuat, data dikutip dari Henley Global / 2 Mei 2024 (Photo: inilah.com)

Berdasarkan laporan Henley Passport Index, negara yang memiliki akses ke berbagai destinasi tanpa negara terbanyak adalah Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, dan Spanyol yang dapat mengakses 194 negara dari 227 negara tujuan tanpa visa.

Lalu ada Austria, Finlandia, Irlandia, Luxembourg, Belanda, Korea Selatan, dan Swedia dengan akses 193 negara tujuan tanpa visa.

Di posisi berikutnya ada Belgia dan Denmark yang sama-sama memiliki akses ke 192 negara dari 227 negara tujuan tanpa visa.

(Sumber)