News  

Sumbang Banyak Pengangguran, Ridwan Kamil Ingin Bubarkan SMK

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) akan mengevaluasi jurusan SMK yang ada di wilayahnya. Hal tersebut dilakukan karena selama ini lulusan sekolah vokasional tersebut tidak banyak yang terserap dunia kerja.

Emil mengatakan, SMK menjadi penyumbang pengangguran terbesar khususnya di Jawa Barat. “Secara statistik, SMK jadi penyumbang pengangguran terbesar,” kata Emil di Bandung, Rabu (17/7).

Menurutnya, hal ini terjadi karena keberadaan SMK di Tanah Air tidak mengikuti perkembangan zaman. Padahal, seharusnya jurusan yang ada di sekolah tersebut menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

“SMK harus sesuai dengan arah ekonomi baru. Kalau ekonominya makin ke kanan, makin digital, kita ekonominya ke sana,” katanya.

Oleh karena itu, dia memastikan akan mereposisi SMK-SMK yang ada di wilayahnya. Bahkan, menurutnya tidak menutup kemungkinan SMK yang ada akan dibubarkan. “Apakah ada yang dibubarkan, atau direposisi,” katanya.

Namun, dia juga menyebut bisa saja terdapat SMK baru yang saat ini belum ada jurusannya. “Atau didirikan baru,” katanya.Dengan begitu, dia berharap lulusan SMK akan semakin banyak yang terserap di dunia kerja. “Supaya keterserapannya makin tinggi. Mudah-mudahan makin ke sini pendidikan Jawa Barat makin maju,” katanya. [mediaindonesia]