8 Pelatih Klub Liga Inggris Dengan Gaji Besar, Pep Guardiola Tertinggi

Gaji pelatih termahal Liga Inggris dipegang oleh manajer tim besar seperti Liverpool dan Manchester City. Namun, ada juga pelatih klub papan tengah, bahkan bawah, yang memiliki bayaran fantastis.

Legenda sepak bola Indonesia, Anjas Asmara mengkritik gaya bermain Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong dalam sebuah acara TV pada Selasa (7/5/2024).

Menurutnya, gaya permainan Shin Tae-yong hanya parkir bus saja sehingga tidak memiliki kesempatan menyerang.

Ia juga menambahkan, Indonesia sebenarnya punya uang dan bisa mengganti Shin Tae-yong dengan Pep Guardiola.

Meski begitu, Pep Guardiola saat ini memiliki gaji yang fantastis dan bisa mencapai ratusan miliar rupiah per tahun dan termasuk sebagai pelatih yang memiliki gaji terbesar di Liga Inggris.

Deretan Gaji Pelatih Termahal di Liga Inggris

Dunia sepak bola, liga-liga besar di Eropa seperti Liga Inggris memiliki perputaran uang yang fantastis.

Tidak hanya pemainnya saja yang bisa mendapatkan gaji besar, pelatih sepak bola pun bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan miliar per tahun.

Dilansir dari express.co.uk, berikut 8 pelatih klub Liga Inggris dengan gaji terbesar:

1. Pep Guardiola

Pep Guardiola.
Pep Guardiola. (Sumber Foto: Getty Images)

Kualitas Pep Guardiola dalam mengatur strategi memang sudah tidak dapat diragukan lagi.

Setelah sukses meraih lebih dari 20 trofi bersama Barcelona dan Bayern Munich, ia akhirnya menukangi klub Liga Inggris yang super kaya, Manchester City.

Sejauh ini, Pep sudah berhasil meraih 16 trofi bersama City sejak bergabung pada tahun 2016. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah membawa City menjadi treble winners pada musim 2022/2023.

Dengan berbagai prestasinya tersebut, wajar saja ia menjadi pelatih dengan gaji terbesar di Liga Inggris. Pep diketahui mendapat bayaran sekitar £20 juta atau sekitar Rp401 miliar per tahun.

2. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp.
Jurgen Klopp. (Sumber Foto: Getty Images)

Jurgen Klopp merupakan master strategi asal Jerman yang akhirnya mampu membawa Liverpool keluar dari masa-masa terburuknya.

Klopp yang bergabung ke Liverpool pada tahun 2015, berhasil membawa The Reds kembali menjuarai Liga Inggris pada musim 2019/2020 setelah puasa selama 30 tahun.

Selain itu, pria yang menyebut dirinya The Normal One ini juga berhasil membawa Liverpool meraih 7 gelar lainnya, termasuk juara Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Meski pemilik Liverpool terkenal pelit perihal gaji dan transfer pemain, Klopp tetap diapresiasi dengan diberikan gaji yang besar, yakni £15 juta atau sekitar Rp301 miliar per tahun.

3. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino.
Mauricio Pochettino. (Sumber Foto: Getty Images)

Mauricio Pochettino baru saja ditunjuk menjadi pelatih Chelsea pada awal musim 2023/2024. Sayangnya, performa The Blues di bawah kepemimpinannya jauh dari yang diharapkan oleh fans Chelsea.

Meski digaji sebesar £10,4 juta atau sekitar Rp208 miliar per tahun, Pochettino sejauh ini hanya mampu membuat Chelsea bersaing di papan tengah Liga Inggris.

Hingga pekan ke-35, Chelsea hanya mampu meraih posisi ke-7 dan terancam tidak mengikuti kompetisi Eropa di musim depan.

4. Mikel Arteta

Mikel Arteta.
Mikel Arteta. (Sumber Foto: Getty Images)

Karier kepelatihan Mikel Arteta dimulai pada tahun 2016 saat ia menjadi asisten pelatih di Manchester City.

Setelah menimba ilmu dari Pep Guardiola, ia akhirnya memutuskan untuk menjadi manajer Arsenal pada akhir 2019.

Arteta terhitung cukup sukses saat melatih Arsenal. Pria kelahiran tahun 1982 ini telah berhasil membawa Arsenal meraih Piala FA dan dua Community Shield.

Selain itu, pelatih yang memiliki gaji sebesar £9,5 juta atau sekitar Rp190 miliar per tahun ini juga hampir berhasil membawa Arsenal menjadi juara Liga Primer Inggris 2022/2023.

Sayangnya, Arsenal harus puas berada di urutan kedua dan mengakui keunggulan Manchester City.

5. Erik Ten Hag

Erik Ten Hag.
Erik Ten Hag. (Sumber Foto: Getty Images)

Erik Ten Hag diboyong oleh Manchester United dari Ajax Amsterdam pada tahun 2022. Sayangnya, Ten Hag masih belum bisa memberikan banyak hasil positif selama hampir 2 tahun kepemimpinannya di MU.

Walau sudah berhasil meraih Carabao Cup pada musim 2022/2023, performa MU bisa dibilang cukup angin-anginan.

Bahkan, saat ini Manchester United terancam tidak mengikuti kompetisi Eropa musim depan karena masih berkutat di posisi ke-8 klasemen Liga Inggris sampai pekan ke-35.

Meski begitu, pelatih asal Belanda ini tetap memiliki gaji yang cukup tinggi, yakni di angka £9 juta atau sekitar Rp180 miliar per tahun.

6. Sean Dyche

Sean Dyche.
Sean Dyche. (Sumber Foto: Getty Images)

Secara mengejutkan, pelatih Everton saat ini menempati posisi ke-6 sebagai pelatih dengan bayaran terbesar, yakni di angka £5 juta atau Rp100 miliar per tahun.

Sean Dyche sendiri sebelumnya pernah melatih dua tim medioker Liga Inggris yakni Watford dan Burnley.

Karier kepelatihan Sean paling lama dihabiskan bersama Burnley dengan total mencapai hampir 10 tahun.

Namun, selama itu ia hanya berhasil mendapatkan 1 trofi, yakni juara EFL Championship atau liga kasta kedua Inggris.

Dirinya juga hampir membuat Everton turun kasta dari Liga Inggris pada musim lalu setelah finish di urutan ke-17 klasemen. Hanya terpaut dua poin saja dari zona degradasi.

7. Ange Postecoglou

Ange Postecoglou.
Ange Postecoglou. (Sumber Foto: Getty Images)

Ange Postecoglou juga memiliki bayaran yang sama dengan Sean Dyche, yaitu £5 juta atau Rp100 miliar per tahun.

Pelatih asal Australia ini baru bergabung bersama Tottenham Hotspur pada awal musim 2023/2024.

Meski tidak memiliki banyak pemain bintang, Ange berhasil menjaga Tottenham untuk tetap berada di posisi atas klasemen musim ini.

Hingga pekan ke-35, Tottenham bertengger di posisi ke-5 dan masih memiliki asa untuk masuk ke zona Liga Champions.

8. Thomas Frank

Thomas Frank.
Thomas Frank. (Sumber Foto: Getty Images)

Sepanjang karier kepelatihannya, Thomas Frank baru menakhodai satu tim saja, yakni Brentford.

Awalnya ia bergabung sebagai asisten pelatih pada tahun 2016 kemudian mendapat promosi menjadi kepala pelatih pada tahun 2018.

Thomas mencatatkan namanya dalam sejarah Brentford dengan berhasil menjadi pelatih yang membawa Brentford naik ke kasta teratas liga sepak bola di Inggris untuk pertama kalinya pada tahun 2021.

Setelah itu, pelatih yang memiliki gaji sebesar £4,5 juta atau Rp90 miliar per tahun ini juga berhasil mempertahankan posisi Brentford di Liga Inggris sampai sekarang.

(Sumber)