3 Tips Bagi Pebalap MotoGP Agar Bisa Kalahkan Marquez

Marc Marquez mencapai puncak kariernya pada ajang MotoGP. Bisa mengalahkannya dalam perebutan gelar juara seolah menjadi misi mustahil.

Dominasi Marc Marquez di ajang MotoGP seolah tak terelakkan. Musim ini, sang juara bertahan sukses menorehkan enam kemenangan dari 12 balapan yang digelar.

Pembalap berjuluk The Baby Alien ini juga mampu finis sebagai runner-up sebanyak lima kali, itu artinya, hanya satu kali dia tidak naik ke atas podium.

Satu-satunya kegagalan Marquez musim ini adalah pada balapan MotoGP Americas, dimana dia gagal finis akibat terjatuh saat… memimpin balapan.

Alhasil, bukan tidak mungkin jika Marquez mampu meraih gelar MotoGP-nya yang keenam sebelum musim ini berakhir pada bulan November mendatang.

Dengan penampilan yang sedemikian impresif, pertanyaan yang sering muncul adalah mungkinkah mengalahkan Marc Marquez?

Dikutip Bolasport.com dari Paddock-GP, ternyata ada beberapa tip yang harus dipraktekkan pembalap MotoGP lain jika ingin mengalahkan Marquez.

Berikut ini cara-cara untuk menaklukkan Marc Marquez di sirkuit.

1. Biarkan Marquez Memimpin Balapan

Penampilan Marquez pada MotoGP Inggris beberapa pekan yang lalu merupakan contoh nyata bahwa dirinya masih bisa dikalahkan.

Keputusan Alex Rins (Suzuki Ecstar) untuk menunggu hingga akhir balapan untuk melakukan manuver guna menyalip Marquez adalah strategi yang berisiko, namun efektif.

Sebab, dibuntuti oleh rival yang ada di belakangnya bukanlah salah satu kelebihan yang dimiliki Marquez.

Langkah ini juga berhubungan langsung dengan langkah kedua yang akan dijelaskan selanjutnya.

2. Kalahkan Marquez dalam Duel Satu-lawan-satu

Marquez dikenal unggul ketika dirinya bersaing dalam kerumunan pembalap karena kejeliannya memanfaatkan celah kecil untuk melakukan manuver.

Namun begitu, Marquez justru memiliki catatan minor saat beradu satu-lawan-satu dengan pembalap lain.

Andrea Dovizioso (Ducati) sukses mencuri lima kemenangan dari enam duel terakhirnya dengan Marc Marquez.

Jorge Lorenzo (Repsol Honda) juga menggunakan cara yang sama untuk menaklukkan The Baby Alien dalam balapan MotoGP Austria musim lalu.

Terakhir, Rins juga berhasil memenangi balapan di Sirkuit Silvertone seusai menyalip Marquez di tikungan terakhir.

3. Konsistensi

Salah satu kekuatan Marquez dalam persaingan gelar juara adalah konsistensi, saat dirinya selalu dapat memastikan satu tempat di podium setiap kali melakoni balapan.

Konsistensi Marquez ini tentu saja hanya bisa diimbangi pembalap lainnya dengan konsistensi untuk setidaknya selalu finis di posisi podium.

Selain itu, pembalap rival juga harus bisa memaksimalkan balapan di sirkuit clockwise (trek yang didominasi tikungan kanan) yang kurang disukai Marquez.

Contohnya adalah Losail (Qatar), Brno (Rep. Ceska), Motegi (Jepang), Silverstone (Inggris), hingga Red Bull Ring (Austria) yang bahkan belum berhasil ditalkukkan Marquez.

Arena lomba MotoGP San Marino pada 13-15 September 2019, yaitu Sirkuit Misano, juga menjadi contoh lain sirkuit clockwise yang kurang disenangi Marquez. [bolasport]