Juara MotoGP Aragon 2019, Marquez Tegaskan Dominasinya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, keluar sebagai juara pada balapan MotoGP Aragon 2019 yang berlangsung di Motorland Aragon, Spanyol, Minggu (22/9/2019).

Titel kampiun berhasil diamankan Marc Marquez setelah memanfaatkan dengan optimal posisinya sebagai pemegang pole MotoGP Aragon 2019 pada saat start.

Dia pun menyelesaikan balapan di urutan terdepan dengan catatan waktu 41 menit 57,221 detik, disusul rival terdekatnya yakni Andrea Dovizioso (Ducati) dan Jack Miller (Pramac Racing).

Sementara itu, dua pembalap Yamaha yakni Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Fabio Quartarao (Petronas SRT) secara berurutan finis di posisi keempat dan kelima.

Dengan kemenangan ini, Marquez pun kini genap mengumpulkan 300 poin.

Dia juga kian dekat dengan raihan gelar juara dunia MotoGP 2019.

Jalannya balapan MotoGP Aragon 2019

Marc Marquez (Repsol Honda) langsung tancap gas untuk mempertahankan posisi terdepannya.

Dia diikuti oleh Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di posisi kedua.

Sementara itu, rekan satu tim Quartararo, Franco Morbidelli, mengakhiri balapan lebih awal usai mengalami crash di tikungan 12 lap pertama MotoGP Aragon 2019.

Ketika balapan memasuki putaran ke-3 dari 23 lap, kecelakaan yang dialami oleh Morbidelli tengah berada dalam penyelidikan FIM.

Pada saat bersamaan, Jack Miller (Pramac Racing) berhasil merebut posisi Quartararo dengan berada di urutan kedua, sedangkan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menempati urutan keempat.

Andrea Dovizioso (Ducati) berhasil menyodok ke urutan kelima menggeser posisi Aleix Espargaro (Aprilia) saat balapan memasuki putaran kelima.

Duel sengit terjadi saat Miller berjuang untuk mempertahankan posisinya dari serangan Vinales yang semakin melesat.

Pada putaran keenam, FIM resmi memberikan Alex Rins (Suzuki Ecstar) penalti setelah dinyatakan terlibat insiden atas jatuhnya Morbidelli.

Sementara itu, Dovizioso semakin dekat untuk bisa terlibat duel memperebutkan posisi kedua bersama Miller, Vinales, dan Quartararo.

Dia berada di posisi ini kala balapan sudah berjalan delapan putaran.

Saat balapan menyisakan 13 putaran, Jack Miller berhasil mengambil alih posisi Maverick Vinales di urutan kedua, sedangkan Valentino Rossi yang berada di urutan kedelapan masih terlihat kesulitan mengejar Cal Cruthlow (LCR Honda).

Perlahan-lahan, Crutchlow semakin mampu dekat dengan Quartararo saat balapan MotoGP Aragon 2019 memasuki putaran ke-11.

10 putaran tersisa, duel panas terjadi saat empat pembalap sekaligus yakni Danilo Petrucci, Alex Rins, Andrea Iannone, dan Miguel Oliveira berduel untuk merebutkan posisi kesembilan.

Satu putaran selanjutnya, Dovizioso berhasil merebut posisi Miller dengan berada di urutan ketiga setelah melakukan manuver yang mulus di tikungan 1.

Alex Rins berusaha melewati Iannone dan Petrucci di tikungan 12 untuk merangsek masuk ke dalam posisi 10 besar saat balapan memasuki lap ke-16.

Duel sengit lalu terjadi di antara Vinales dan Dovizioso yang mampu mencatatkan waktu 0,6 detik lebih cepat untuk merebutkan posisi kedua ketika balapan memasuki putaran ke-18.

Kendati demikian, saat balapan menyisakan empat putaran, Miller justru semakin dekat dengan Dovizioso yang berada di urutan ketiga.

Saat menyisakan tiga putaran, usaha Dovizioso berbuah manis dengan berhasil merebut posisi Vinales yang berada di urutan kedua.

Pembalap Spanyol berjulukan Top Gun tersebut kemudian turun ke posisi keempat setelah Miller berhasil melakukan overtake di tikungan 1 saat balapan memasuki putaran terakhir.

Hingga akhir balapan, Marquez masih tak bisa dikejar oleh Dovizioso dan Miller yang ada di posisi 3 besar.

Adapun, Vinales terpaksa puas mengakhiri balapan MotoGP Aragon 2019 di urutan keempat, disusul Quartararo yang menggenapi lima besar. [bolasport]