4 Tahun Latih Liverpool, Ini 8 Transfer Terbaik Klopp

Jurgen Klopp

Empat tahun menangani Liverpool, Juergen Klopp membawa perubahan besar bagi The Reds. Juergen Klopp ditunjuk menjadi pelatih Liverpool tepat pada 8 Oktober 2015 untuk menggantikan posisi Brendan Rodgers.

Klopp melatih Borussia Dortmund dan sempat cuti selama tiga bulan sebelum memutuskan bergabung dengan Liverpool. Selama kariernya di Liverpool, Klopp membangun perlahan klub Merseyside ini dengan melakukan transfer pemain satu per satu untuk melengkapi skuad juara.

Klopp sudah melewati delapan bursa transfer hingga saat ini bersama Liverpool. Bursa transfer pertama pelatih asal Jerman tersebut adalah pada pertengahan musim 2015-2016.

Juergen Klopp total sudah memboyong 21 pemain untuk skuad Liverpool.
Siapa saja pemain terbaik yang dibeli Juergen Klopp selama melatih Liverpool? Berikut ini delapan transfer terbaik Juergen Klopp di Liverpool

1. Alisson Becker (Juli 2018)

Alisson ditebus dengan mahar 65 juta poundsterling yang menjadikannya penjaga gawang termahal saat itu. Kiper Liverpool, Alisson Becker, merayakan kemenangan atas Tottenham Hotspur pada final Liga Champions, Sabtu (1/6/2019).

Alisson diboyong ke Anfield setelah tampil impresif bersama AS Roma.
Ia membawa klub ibu kota Italia tersebut mencapai semifinal Liga Champions.

2. Virgil van Dijk (Januari 2018)

Memecahkan rekor transfer klub dengan nilai transfer 75 juta poundsterling, Van Dijk menebus harga mahalnya dengan penampilan luar biasa. Bek asal Belanda itu berhasil membawa Liverpool mencapai babak final Liga Champions 2018 dan meraih gelar di musim berikutnya.

3. Andrew Robertson (Juli 2017)

Krisis bek kiri yang dialami Liverpool membuat Klopp memilih Robertson untuk mengisi pos yang pada musim sebelumnya dihuni oleh James Milner.
Dibeli dari Hull City dengan nilai transfer hanya sebesar delapan juta poundsterling, Robertson dinilai sebagai salah satu transfer terbaik Klopp.

4. Joel Matip (Juli 2016)

Didapatkan secara cuma-cuma dari Schalke, Matip menjadi salah satu bek andalan Liverpool. Matip didatangkan pada musim panas 2016 bersama dua rekannya dari Bundesliga, Loris Karius dan Ragnar Klavan.

5. Fabinho (Juli 2018)

Fabinho mengawali kariernya di Liverpool dengan cukup sulit.
Jarang dimainkan pada awal kedatangannya, kini gelandang asal Brasil tersebut menjadi pemain kunci andalan Klopp. Bermain di semua laga pembuka Liverpool musim 2019-2020, Fabinho memainkan peran krusial di lini tengah Liverpool.

6. Georginio Wijnaldum
Pemain yang merupakan rekan satu tim Virgil van Dijk di timnas Belanda ini didatangkan dari Newcastle. Wijnaldum menjadi pahlawan dalam perjalanan Liverpool memenangi trofi Liga Champions 2018-2019. Ia mencetak dua gol di fase semifinal kala Liverpool berhadapan dengan Barcelona.

7. Mohamed Salah (Juli 2017)

Salah langsung cocok bermain di bawah asuhan Juergen Klopp setelah didatangkan dari AS Roma pada musim panas 2017. Salah menjadi pencetak gol terbanyak Liga Inggris di musim debutnya bersama Liverpool dengan mencetak total 30 gol.

8. Sadio Mane (Juli 2016)

Didatangkan dari Southampton, Sadio Mane langsung menjadi andalan Liverpool di lini depan bersama Phillipe Coutinho dan Roberto Firmino kala itu. Musim ini Mane menjadi pencetak gol terbanyak klub dengan total delapan gol di semua ajang untuk Liverpool.

Dalam empat tahun, Klopp benar-benar mengubah Liverpool dan kembali menjadikan The Reds sebagai salah satu klub yang disegani di Inggris, bahkan Eropa.

Setelah menjuarai Liga Champions dan Piala Super Eropa, Juergen Klopp dan anak asuhnya mencoba untuk memenangi Liga Inggris, gelar yang terakhir kali didapat Liverpool pada tahun 1990.

Saat ini, Liverpool sedang memuncaki klasemen Liga Inggris dengan raihan 24 poin dari delapan laga. Musim lalu, Liverpool menjadi runner-up, hanya kalah satu poin dari sang juara, Manchester City. {bolasport.com}