Kualifikasi F1 GP Amerika Serikat 2019, Bottas Poll Position, Hamilton Start ke-5

Valtteri Bottas

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, meraih pole position pada balapan Formula 1 GP Amerika Serikat 2019.

Valtteri Bottas akan start di depan Sebastian Vettel (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull) yang berada di posisi kedua dan ketiga pada sesi kualifikasi di Circuit of The Americas (CoTA), Austin, Sabtu (2/11/2019) atau Minggu (3/11/2019) dini hari WIB.

Sementara itu, Charles Leclerc (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes) akan mengawali balapan GP Amerika Serikat dari posisi keempat dan kelima.

Jalannya sesi kualifikasi

Sebanyak 20 pembalap mengikuti sesi kualifikasi pertama (Q1) yang berlangsung selama 15 menit untuk memperebutkan tempat pada kualifikasi kedua (Q2).

Pada awal Q1, mobil yang dikendarai Danil Kvyat sempat melebar dan mengeluarkan asap di tikungan 9. Namun, Kvyat masih melanjutkan sesi.

Lima pembalap yang gagal melaju pada kualifikasi kedua (Q2) adalah Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo Racing), Kimi Raikkonen (Alfa Romeo Racing), George Russell (Williams), Sergio Perez (Point Racing), dan Robert Kubica (Williams).

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2), sebanyak 15 pembalap turun. Hamilton mencetak 1 menit 33,045 detik ketika sesi berlangsung selama 8 menit berjalan.

Catatan putaran terbaik Hamilton selanjutnya digeser Alexander Albon (Red Bull) dengan putaran tercepat 1 menit 32,898 detik. Torehan Albon sempat bertahan cukup lama. Namun, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc (Ferrari) bergantian mencatat putaran terbaik.

Lima pembalap yang tersisih pada Q2 adalah Nico Hulkenberg (Renault), Kevin Magnussen (Haas), Daniil Kvyat (Toro Rosso), dan Romain Grosjean (Haas).

Pada awal kualifikasi ketiga (Q3), Valtteri Bottas (Ferrari) menjadi pembalap pertama yang mencetak putaran tercepat 1 menit 32,029 detik. Catatan tersebut bertahan hingga sesi selama 15 menit tersebut berakhir dan memastikan diri meraih pole position.

Para pembalap Formula 1 akan kembali ke lintasan untuk menjalani sesi balapan pada Senin (4/11/2019), mulai pukul 02.10 WIB. {bolasport}