100 Laga Didier Deschamps Bersama Timnas Prancis

Didier Deschamps

Didier Deschamps mencetak rekor pribadi bersama Timnas Prancis. Ia menjadi pelatih resmi pertama Les Bleus yang mampu memimpin 100 pertandingan.

Laga ke-100 Deschamps bersama Timnas Prancis adalah saat Les Blues meraih kemenangan 2-0 atas Albania pada pertandingan pamungkas Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Selama mendampingi Timnas Prancis, mantan pelatih Juventus, AS Manaco, dan Marseille ini telah menyumbangkan 65 kemenangan, 18 kali imbang, dan cuma 17 kali kalah.

Deschamps mengaku bangga dengan rekor tersebut. Namun, pencapainnya itu tidak seberapa penting dibanding perjuangan keras para pemain selama ini.

“Saya tersentuh oleh apa yang orang katakan tentang permainan saya yang ke-100. Saya bergantung pada para pemain dan beberapa dari mereka telah bersama saya sejak awal perjalanan, membantu Prancis mendapatkan hasil yang sangat baik,” kata Deschamps, seperti dilansir FOX Sports.

“Ada kebanggaan pribadi, tetapi yang terpenting saya bangga dengan pemain saya dan semangat mereka,” imbuhnya.

Deschamps sudah mengukir sejarah manis ketika mengantarkan Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. Sebelumnya, pasukan Les Blues juga berhasil melaju ke final Piala Eropa 2016.

Prestasi demi prestasi pelatih 51 tahun itu masih bisa bertambah mengingat kontraknya bersama Timnas Prancis baru akan berakhir pada Juni 2020.

Berikut daftar pelatih Timnas Prancis dengan laga terbanyak menurut Transfermarkt.

1. Didier Deschamps (100 laga)
2. Raymond Domenech (79 laga)
3. Michel Hidalgo (75 laga)
4. Aime Jacquet (53 laga)
5. Roger Lemerre (52 laga).

{suara}