Marc Marquez Alami Dislokasi Bahu di Sirkuit Jerez, Ini Penyebabnya

Marc Marquez Alami Dislokasi Bahu Kanan

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengatakan bahwa tambalan di lintasan Sirkuit Jerez menjadi penyebab dia mengalami kecelakaan hingga dia mengalami dislokasi di sebagian bahu kanannya.

Marc Marquez menjadi pembalap tercepat pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, Senin (25/11/2019) saat mengendarai Honda musim 2019. Marc Marquez selanjutnya beralih ke RC213V untuk musim 2020.

Saat pagi hari, lintasan itu memiliki beberapa tambalan lembab yang mengelilinginya di luar jalur, dan Marquez menyentuh salah satunya setelah melebar di jalan menuju tikungan Lorenzo di ujung putaran.

Meskipun kecelakaan berlangsung lambat, Juara Dunia MotoGP 2019 tersebut terjatuh dalam posisi bahu yang tidak tepat dan harus dibawa ke pusat medis untuk diperiksa.

“Ini adalah kesalahan saya, tetapi saya melebar di tikungan 5, tikungan 9 dan tikungan 13 yang keluar dari garis lintasan, terutama di pagi hari,” kata Marquez dilansir dari Motorsport.

“Saya melebar, saya tidak terlalu cepat karena saya hanya mengejar gap putaran tercepat dan hanya saya menyentuh bagian lintasan yang basah dan saya kehilangan kehilangan keseimbangan ban depan,” ucap Marquez.

“Tetapi, masalahnya saya jatuh di gravel dalam posisi yang tidak baik dan saya mengalami subluksasi bahu. Akibatnya, saya pergi ke pusat medis,” aku Marquez.

Pada musim 2018, Marquez kerap terganggu oleh masalah dislokasi di bahu kirinya yang membutuhkan operasi dengan proses yang rumit di luar musim.

Marc Marquez juga mengalami kecelakaan pada hari pembuka tes pramusim di Valencia minggu lalu ketika sedang mengendarai motornya. Di Valencia, Marquez dan rekan LCR, Cal Crutchlow, keduanya menunggangi RC213V musim 2020 untuk dicoba.

Perbedaan terbesar antara dua motor musim 2020 milik Marquez adalah sasis, dan dia mengatakan program pengujian ini diputuskan oleh HRC sebagai hasil dari perkiraan cuaca yang buruk pada Selasa (26/11/2019).

“Saya punya tiga motor di garasi. Satu adalah motor saat ini, satu adalah langkah pertama dari mesin baru dan sasis yang berbeda,” ujar Marquez.

“Kami mencoba memahami kemajuan motor, terutama di Jerez bahwa di mana sasis sangat penting. Kami melihat bahwa itu adalah kondisi yang sangat khusus karena daya cengkeram sangat tinggi, tetapi sangat kritis dengan kondisi dingin ini.”

“Besok (hari ini) cuaca sepertinya tidak sempurna. Honda memutuskan bahwa saya akan mencoba dua motor berbeda pada hari pertama ini. Hari kedua saya tidak tahu apa rencananya, tetapi rencana ini dibuat berdasarkan kondisi cuaca,” tutur Marquez.

Tes pramusim hari kedua atau terakhir di Sirkuit Jerez, Spanyol akan digelar pada Selasa (26/11/2019) waktu setempat. {bolasport}