Kebugarannya Diragukan, Marc Marquez Bakal Absen di Tes Sepang?

Absen di Balapan Sepang, Marc Marquez Fokus Penyembuhan Pasca Operasi Dislokasi Bahu

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, diragukan bisa pulih 100 persen sebelum melakoni tes pramusim MotoG 2020 di Sirkuit Sepang.

Terlepas dari statusnya sebagai juara MotoGP dalam empat musim terakhir, Marc Marquez tetaplah seorang manusia biasa yang rentan oleh cedera.

Terakhir, pembalap Repsol Honda tersebut mengalaminya saat sedang menjalani tes pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Senin (25/1//2019).

Marquez terjatuh saat sedang mengarungi tikungan 13, dan menyebabkannya mengalami dislokasi bahu kanan. Berkaca dari cedera bahu kirinya yang duhulu sering kambuh, Marquez memilih jalan aman dengan melakukan operasi.

The Baby Alien melakoni operasi bahu kanan di Barcelona, Spanyol, pada Rabu (27/11/2019) waktu setempat. Operasi berjalan dengan lancar, dan dirinya kini tinggal menjalani masa pemulihan setidaknya hingga akhir tahun.

Kendati operasi berjalan sukses, Dokter Xavier Mir, yang menangani operasi Marquez memberi satu catatan. Dilansir Bolasport.com dari Motorsport.com, Mir meragukan pasiennya tersebut akan cukup bugar untuk menjalani sesi tes pramusim selanjutnya.

Seperti diketahui, Sirkuit Sepang akan berkesempatan menggelar tes tersebut pada awal bulan Februari 2020 mendatang. “Sulit untuk membuat penilaian. Saya pikir dia akan siap untuk tes Sepang, bahkan jika dia tidak 100 persen bugar,” tutur Mir.

“Kami akan mencoba untuk melihatnya lagi. Kalau pun dia melewatkan tes, kami akan memastikan dia memulai kompetisi dengan kondisi sebaik mungkin,” tuturnya.

Mir lantas menggambarkan betapa serius sebenarnya cedera yang dialami oleh Marquez. “Bagi orang biasa, cedera semacam itu baru akan sembuh dalam empat bulan. Namun para pembalap biasanya hanya akan membutuhkan waktu separuh dari waktu itu,” ujar Mir.

“Tapi Marquez selalu kelihatan bahagia. Bahkan dia bercengkerama dengan para perawat waktu operasi. Tampaknya dia bisa sembuh lebih cepat lagi,” pungkas Mir.

Setelah melakoni tes pramusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, para pembalap akan memasuki winter break selama kurang lebih dua bulan. Kejuaraaan MotoGP 2020 baru akan dimulai pada awal bulan Maret mendatang di Sirkuit Losail, Qatar. {bolasport}