Hiburan

7 Fakta Tentang Azura Luna, Penipu Asal Kediri Yang Jadi Buronan Interpol di Hongkong

0
Azura Luna

Azura Luna belakangan tengah ramai diperbincangkan. Azura Luna merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Hong Kong. Wanita yang berasal dari Kediri, Jawa Timur, ini heboh diberitakan setelah kedok penipuannya terbongkar.

Modus penipuan Azura Luna yakni dengan mengaku sebagai konglomerat di Indonesia. Azura Luna mendekati kalangan jetset di Hong Kong. Azura Luna menipu korban dengan berbagai cara.

Mulai dari jualan tas, perhiasan, hingga menggelapkan sejumlah uang. Korban penipuan Azura Luna pun beragam, mula dari pengusaha di dalam hingga luar negeri. Belakangan diketahui nama asli Azura Luna adalah Enjang Widhi Palupi.

Kini, pelan-pelan kedoknya sudah terbuka pasca-kepolisian Hong Kong membongkar kasus penipuan yang Azura Luna lakukan selama ini.

Penyidikan tersebut dilakukan atas dasar laporan dari beberapa orang yang menjadi korban Azura Luna. Berikut 8 fakta kelihaian Azura Luna dalam menipu korbannya.

1. Tak tinggal di kawasan elite

Beredar kabar bahwa Azura Luna tinggal di salah satu perumahan mewah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Faktor ini menjadi salah satu yang membuat Azura Luna terlihat kaya.

Melansir dari Kompas.com, pemilik rumah pun membantah kabar yang beredar. Pemilik rumah membantah Azura Luna pernah tinggal di rumah tersebut.

Kendati demikian, si pemilik membenarkan bahwa alamat yang ada di KTP Azura Luna merupakan alamat rumahnya. L (60) selaku pemilik rumah mengatakan, Azura Luna hanya menumpang alamat.

Namun, L tidak menjelaskan dengan detail terkait proses “menumpang” alamat tersebut. “Dia waktu itu masih belum siapa-siapa. Kami kenal karena dia datang di acara kami. Kan kami punya toko wine ya, jadi dia datang ketika kami lagi ada acara pembukaan, dia lewat aja gitu masuk ke dalam,” kata L.

2. Mengaku sebagai anak yatim

Azura Luna yang melihat L sebagai orang yang berkecukupan pun langsung melancarkan aksinya. Perempuan kelahiran 27 Oktober 1978 ini berusaha meyakinkan L untuk menjadikan dirinya sebagai anak angkat.

“Sebenarnya kami enggak ada hubungan keluarga, enggak ada apa–apa. Kami kenal dia ya begitu sajalah, tapi dia begitulah ngaku-ngaku anak angkat kami ke mana-mana,” kata L.

Beruntung L segera sadar bahwa niat buruk Azura tidak akan berjalan mulus. “Dia mengaku enggak punya orangtua, tapi punya warisan yang besar. Pokoknya banyak bohongnyalah,” ucap L.

3. Mengaku lulusan Harvard

Azura Luna mengaku ke beberapa orang yang ia tipu bahwa dirinya merupakan lulusan dua universitas kenamaan dunia yakni Harvard dan Brown University.

L mengatakan, informasi tersebut beredar melalui orang yang sempat mengenal Azura Luna di Indonesia. “Tapi kami cek semua tidak benar. Kalau kami balikin, dia kayak gelagapan sendiri,” kata L saat dikonfirmasi, Kamis.

Selain soal pendidikan, Azura Luna juga berbohong terkait kota kelahirannya. Azura Luna tak pernah konsisten menyebut kota kelahirannya. ”Dia bilang lahir di Jerman, Amerika, di Banyumas. Ngomongnya enggak konsisten, dari situ kan saya bisa lihat,” kata dia.

4. Akui punya aset di luar negeri

Kepada L, Azura Luna selalu menceritakan bahwa ibunya memiliki harta yang banyak sehingga dirinya akan mewarisi aset yang melimpah. Bahkan kepada L (60), Azura mengaku punya rumah dengan belasan kamar di luar negeri.

“Bahwa ibunya ada di luar negeri punya rumah berapa belas kamar. Kita sampai sekarang enggak tahu dia ibunya siapa, macam–macamlah bohongnya,” kata L saat dikonfirmasi, Kamis.

5. Kerap tinggal di hotel mewah

Menurut penuturan L, Azura Luna juga kerap tinggal di hotel mewah.

L yang mendengar pengakuan dari orang yang sempat mengenal Azura Luna, mengatakan bahwa si penipu kelas kakap ini tengah jadi buronan polisi Hong Kong ini kerap tinggal di hotel kelas internasional di kawasan SCBD jika berkunjung di Jakarta.

“Dia selalu di Ritz-Carlton. Dia selalu tinggal di Presidential Suite,” ujar L saat dikonfirmasi pada Kamis.

Kendati demikian, L tak mengetahui secara pasti siapa yang membiayai Azura Luna selama menetap di Ritz-Carlton. Bila kembali ke Hong Kong, Azura Luna juga sering bercerita menetap di tempat yang tidak kalah mewah. “Kalau di Hong Kong biasanya di (hotel) Four Seasons,” kata dia.

L menduga semua yang didapatkan Azura adalah hasil dari menipu banyak orang di dalam maupun luar negeri. Salah satu cara Azura dengan mengumbar kisah, seakan dirinya orang kaya. Sehingga banyak korbannya yang terbuai dan dapat dikelabui oleh Azura.

6. Kuras harta pacar sampai miliaran rupiah

Robert, mantan kekasih Azura yang tinggal di LA mengisahkan bagaimana Azura bisa selalu membuatnya nyaman. Pria 59 tahun itu menjabarkan sosok Azura Luna sebagai perempuan yang pandai bertutur kata dan menceritakan kisah luar biasa.

Seperti dalam suatu waktu, Azura bercerita bagaimana dia adalah orang yang sangat berbakat menurut beberapa tes IQ.

“Kemudian dia masih berkomunikasi dengan teman di Harvard dan Universitas Brown. Saya selalu berpikir ‘ini omong kosong’. Tapi dia pandai memainkan perannya,” jelas Robert.

Adapun Diane dan Robert berkenalan tatkala bepergian ke Hong Kong pada 2017 untuk menemui Azura yang memintanya kembali. Begitu mereka berpisah, pada akhir 2018 Robert menghubungi Diane dan menceritakan hubungannya yang kandas dengan Azura.

Diane terkejut ketika mengetahui tak hanya mereka berpisah, namun juga Robert ternyata memberikan uang hingga 150.000 dollar AS (Rp 2,1 miliar). Robert pun bertanya jika ada pria lain yang bernasib sama dengannya, dengan di kemudian hari, dia menemukan fakta yang tak enak.

7. Dimaki korban saat di Hong Kong

Tersiar kabar Azura Luna sempat dimaki korbannya saat di Hong Kong. Peristiwa tersebut terjadi sekitar bulan lalu di Hong Kong. Sang korban pun langsung memaki Azura Luna ketika mereka bertemu. Kabar tersebut diungkap langsung oleh L, saat dikonfirmasi pada Kamis.

“Bulan kemarin anak dari teman saya yang jual wine di Hong Kong lihat dia (Azura Luna). Karena ini anak sudah kesal, jadi dia enggak mau ngomong banyak. Dia (Azura Luna) bilang apa kabar, dijawab ‘Not good’, dia marah-marah karena kesal sekali,” kata L.

L tidak menjelaskan rinci, alasan teman anaknya yang membantah pertanyaan Azura Luna saat bertemu. Namun, L sudah tidak heran dengan hal tersebut. Pasalnya, sudah banyak orang yang menjadi korban Azura, tidak terkecuali dirinya. {tribun}

Apa Itu Teknologi Ethernet?

Previous article

Klub Australia Milik Grup Bakrie, Brisbane Roar Telan Kekalahan Kelima

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *