Leclerc Perpanjang Kontrak Dengan Ferrari Hingga 2024

Charles Leclerc

Pembalap Formula 1 asal Monaco, Charles Leclerc, memperpanjang kontrak dengan tim Ferrari hingga 2024. Charles Leclerc mulai bergabung dengan Ferrari sejak 2019 setelah sebelumnya hanya satu musim memperkuat tim Sauber.

Di Ferrari, Charles Leclerc menggantikan Kimi Raikkonen (Finlandia) untuk berduet bersama Sebastian Vettel (Jerman). Selama bergabung dengan Ferrari, pembalap berusia 22 tahun ini mencatat hasil positif.

Leclerc menorehkan 10 podium, 7 pole position yang merupakan jumlah terbanyak bagi pembalap F1 musim ini, dan 2 kali kemenangan. Podium kemenangan dia raih secara beruntun pada GP Belgia dan GP Italia. Dia juga empat kali mencatat lap tercepat pada Formula 1 musim 2019.

“Saya sangat senang bisa bertahan dengan Scuderia Ferrari. Pada musim sebelumnya, mengemudi untuk tim paling terkenal di Formula 1 telah menjadi tahun impian bagi saya,” kata Leclerc dilansir dari Motorsport.

“Saya tidak sabar untuk menikmati relasi yang lebih dalam dengan tim setelah musim yang intensif dan menarik pada 2019. Saya ingin melihat apa yang akan terjadi dan saya tidak sabar untuk melanjutkan lagi musim depan,” ucap Leclerc.

Bos Ferrari, Mattia Binotto mengatakan bahwa Leclerc akan bersama tim berjulukan Kuda Jingkrak tersebut untuk lima musim mendatang.

“Hal itu menunjukkan bahwa Charles dan Scuderia memiliki masa depan yang kokoh bersama,” ujar Binotto.

“Charles telah menjadi bagian dari keluarga kami sejak 2016 dan kami sangat bangga dengan hasil yang kami capai dengan Akademi kami,” ucap Binoto.

“Kami sangat senang dapat mengumumkan bahwa ia akan bersama kami selama bertahun-tahun yang akan datang dan saya yakin bahwa  kami akan menulis banyak halaman baru dalam sejarah Kuda Jingkrak secara bersama.”

Leclerc menjadi pembalap pertama Ferrari yang mampu meraih pole position terbanyak sejak 2004.

Pembalap Ferrari terakhir yang mampu melakukannya adalah sang legenda sekaligus juara dunia tujuh kali, Michael Schumacher.

Charles Leclerc adalah juara balapan Formula 1 termuda yang pernah dimiliki Ferrari setelah tak pernah memenangi balapan dalam kurun waktu sembilan tahun.

Meski tidak menjadi juara dunia pada tahun ini, Leclerc membuat namanya diperhitungkan dalam peta persaingan ajang jet darat tersebut. Dia menduduki posisi keempat dalam klasemen akhir pembalap Formula 1 2019 dengan koleksi 264 poin. {bolasport}