Hiburan

10 Tahun Ria Irawan Lawan Kanker Getah Bening, Dari Rahim Menyebar ke Otak

0
Ria Irawan

Artis Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia pada hari Senin (6/1/2020) sekitar pukul 04.00 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Kabar berpulangnya Ria Irawan disampaikan suaminya, Mayky Wongkar, Senin pagi. “Iya benar. Meninggal jam 4 subuh. Memang sudah kritis,” kata Mayky.

Informasi sementara, jenazah perempuan bernama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan itu akan disemayamkan di rumah duka, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Ria berpulang setelah selama 10 tahun terakhir berjuang melawan kanker getah bening yang dideritanya.

Bungsu dari pasangan aktor dan aktris lawas Bambang Irawan-Ade Irawan ini mengembuskan nafas terakhir pada usia 50 tahun.

Seperti dikutip dari Kompas.com, dalam wawancara di Palmerah Barat, Jakarta Barat, pada 5 Mei 2015 lalu, menjelaskan, mulanya pada 2009 ia mengetahui ada mioma di rahimnya.

Saat itu, ia menghindari operasi pengangkatan rahim. Hingga akhirnya, Ria didiagnosa kanker endometrium atau kanker dinding rahim. Ria menjalani operasi pengangkatan rahim pada 30 September 2014.

Dalam operasi tersebut dokter pun melakukan biopsi. Tak hanya itu, indung telur Ria juga ikut diangkat bersama rahimnya.

Dari hasil biopsi, kanker di tubuh Ria ternyata sudah menyebar ke kelenjar getah bening pada bagian panggul.

“Ternyata kelenjarnya aktif. Jadi kankernya masih endometrium, tapi metastasenya (penyebaran) getah bening. Makanya (stadium) 3 C. Kalau udah stadium 4, itu (penyebaran) di otak, tulang,” terang Ria.

Pada 2014, kanker kelenjar getah bening yang diidap Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh. Sebab, Ria rutin menjalani kemoterapi.

Bahkan Ria juga kembali bermain film pada 2015 bertajuk Bulan di Atas Kuburan. Pada 2019, Ria terlibat dalam dua film yakni Kuambil Lagi Hatiku. Dalam film itu Ria Irawan beradu akting dengan Lala Karmela dan Cut Mini.

Yang terbaru Ria membintangi film Wedding Agreement yang juga dibintangi Indah Permatasari, Refal Hadi dan Mathias Muchus. Namun pada pertengahan 2019 kanker diketahui sudah menjalar ke organ paru-paru hingga otak Ria Irawan.

Ria kembali dilarikan ke Instansi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, pada 18 November 2019.

Ria Irawan sebelumnya memang dirawat di RSCM karena kondisi fisiknya yang memburuk.

Ketika itu Ria berharap mendapat kesembuhan dan ingin orang-orang mendoakan yang terbaik untuk kondisinya saat itu Hal tersebut disampaikan Ria dalam sebuah video berdurasi 3 menit 23 detik.

Video itu dikirimkan suami Ria, Mayky Wongkar, kepada Kompas.com via e-mail, pada 11 November 2019. “Mohon doanya, biar diangkat penyakitnya, amin…,” ucap Ria terbata-bata.

Kondisi Ria terlihat belum membaik. Saat mengucapkan harapannya itu, Ria bahkan dibantu kakaknya, Dewi Irawan.

Di dalam video terlihat Ria sedang berbaring di tempat tidur sambil menonton televisi, sesekali Ria tersenyum ke arah kamera. {grid}

Ingin Keruk Profit, WhatsApp Bakal Pasang Fitur Iklan Tahun 2020 Ini

Previous article

12 Kabupaten/Kota di Jatim Dihantam Puting Beliung, Surabaya dan Sidoarjo Terparah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *