News  

Ini Pengakuan Warga Sidrap Soal Hantu Parakang Yang Meresahkan

Ilustrasi Hantu Parakang

Polisi masih menyelidiki laporan terkait teror makhluk jadi-jadian ‘parakang‘ yang meresahkan warga di Kelurahan Majelling, Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Polisi meminta keterangan kepada warga yang mengaku pernah melihat makhluk halus tersebut.

“Masih dilakukan klarifikasi terhadap warga yang pernah melihat makhluk tersebut karena masih simpang siur keterangan,” kata Kapolsek Maritenggae Iptu Abdul Samad saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Dia mengatakan, dalam pemeriksaan, keterangan empat warga soal wujud makhluk jadi-jadian tersebut berbeda-beda. Isu beredarnya makhluk jadi-jadian ini meresahkan masyarakat Majelling sejak seminggu terakhir.

“Ada yang mengatakan berbentuk seperti kucing tapi tidak melihat wajahnya tetapi berambut gondrong. Ada juga keterangan yang menerangkan bahwa pernah melihat memanjat di dinding tapi tidak berkaki.”

“Ada juga yang mengatakan melihat orang bertubuh besar tapi tidak ada yang melihat langsung wajahnya,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono mengimbau warga agar tidak mudah percaya pada isu tersebut. Dia juga mengingatkan warga untuk tidak main hakim sendiri.

“Isu tersebut belum tentu kebenarannya. Namun kita bersama masyarakat menjaga sitkamtibmas (situasi keamanan dan ketertiban masyarakat) dan masyarakat apabila menemukan hal-hal yang akan mengganggu kamtibmas, jangan ada yang main hakim sendiri,” ujar AKBP Budi.

Sebelumnya diberitakan, banyak warga yang mengaku diganggu makhluk jadi-jadian yang ceritanya sudah mengakar di masyarakat Sulsel ini. Warga pun menggelar ronda secara intensif. Mereka ingin menangkap makhluk jadi-jadian tersebut untuk mengakhiri keresahan.

“Sudah lima malam kami ronda, Pak. Mulai jam 12 malam hingga dini hari. Kami jaga-jaga dan ingin menangkap pelaku, apalagi sebentar malam Jumat,” ujar salah satu warga, Asmar, Kamis (23/1).

Video terkait aksi sejumlah warga memburu makhluk halus ini ramai beredar di media sosial (medsos). Peristiwa memburu makhluk jadi-jadian oleh warga tersebut dilakukan di Desa Majelling Wattang, Kelurahan Majelling Watang, Kecamatan Maritenggae, Sulsel.

Dalam video yang beredar, terekam sejumlah warga dengan senter berlari ke arah sebuah rumah panggung milik warga karena memburu makhluk jadi-jadian. Mereka berburu hingga ke kolong rumah warga. {detik}