News  

Gus Sholah di Mata ARB, Kuliah Bareng di ITB Sama-Sama Lawan PKI

Pengasuh pondok pesantren Tebuireng, Jombang, Salahuddin Wahid alias Gus Sholah, wafat di RS Harapan Kita, Jakarta, pada Minggu malam, (2/2/2020), sekitar pukul 20.55 WIB.

Sejumlah tokoh pun menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Gus Solah. Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) mengenang sosok almarhum.

Baginya, mantan cawapres Partai Golkar pada pilpres 2004 mendampingi Wiranto tersebut adalah sosok ulama besar yang dikenalnya sejak sama-sama kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Gus Sholah seorang ulama besar. Dia seorang arsitek, teman saya di ITB, (tapi) dia lebih tua,” kata ARB ditemui di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Minggu Malam 2 Februari 2020.

Selama saling kenal, ARB mengatakan bahwa adik dari Presiden ke-4 Indonesia, Abdurrahman Wahid itu adalah tokoh yang baik dan bersahaja.

Bahkan, kata dia, saat di ITB sempat bersama-sama Gus Sholah menghadapi PKI pada zamannya waktu itu. “Waktu di ITB waktu sama-sama dulu waktu menghadapi PKI,” ujarnya.

ARB pun memberikan doa yang terbaik dan berharap amal ibadah Gus Sholah diterima. “Kita harapkan beliau husnul khatimah, semoga amal ibadahnya diterima,” ucapnya.