News

Videonya Viral, Pelayan McDonald’s Pelaku Penipuan Harga di STC Senayan Dipecat

0

Video viral tentang seorang pelayan di McDonald’s Senayan Trade Center (STC) Senayan, berujung panjang. Pihak McDonald’s Indonesia pun langsung menindak tegas pelayan yang melakukan penipuan ke pembeli ini.

Berawal dari keluhan akun Twitter @jjprofileid, kasus penipuan oleh pelayan McDonald’s di STC Senayan langsung viral. JJ mengunggah video singkat berisi seorang pelayan mengenakan seragam McDonald’s, sedang adu mulut dengan dia dan temannya.

“Penipuan di @McDonalds_ID STC senayan. Jadi kita pesen mcd drive thru setelah itu kita ga di kasi struk dia bilang komputer sedang tidak aktif karena sudah pagi. Sejak kapan seperti itu? Kecurigaan mulai timbul dan ini yang terjadi …” tulis JJ, yang kini cuitannya sudah di retweet 35.900 kali.

Menurut JJ, sepertinya rekan kerja pelaku sudah tahu perbuatan ini dan tidak ada satu manajer pun yang bertugas bertugas malam itu. Sehingga bisa terjadi penipuan seperti ini. “Berapa banyak yang sudah tertipu dengan aksi pegawai ini?” tanya JJ.

Kejadiannya, menurut JJ bermula saat jam 3 pagi mereka memesan 2 chicken burger dan 2 mineral water yang kemudian dihargai Rp.100 Ribu. “Awalnya saya pikir oh ya ini uangnya mas. Setelah itu kita lihat uangnya di masukin di kantong celana, dan dari situ kita curiga” cuit JJ.

JJ menyebut temannya langsung minta struk pembelian sehingga dia pun mulai panik dan bilang komputer sedang offline. “Sedangkan kita sering beli McD pagi pagi tidak pernah offline karena restoran 24 jam. Akhirnya pegawainya pun tidak ada permintaan maaf justru menyerang balik.” ungkap JJ.

Terkait viralnya video ini, pihak McDonald’s Indonesia langsung memberikan tanggapan resmi terkait kasus ini.

“Dapat kami informasikan bahwa saat ini kami sedang melakukan investigasi lebih lanjut terkait video tersebut,” ucap Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia, ketika dihubungi detikFood (04/02).

Kurang dari 24 jam, pemilik akun @jjprofileid juga menyampaikan pernyataan resminya, bahwa masalah ini sudah ditangani dan direspon dengan baik oleh pihak McDonald’s.

“Terima kasih atas tanggapan yang cukup cepat dari pihak McD (ibu Sutji & ibu Erma). Kami sudah dihubungi & saat ini pihak McD sedang menginvestigasi lebih lanjut apakah ada oknum lain yang ikut serta dalam kelicikan ini. #kamipeduli #mcdonalds #indonesiabersih,” tulis JJ di Twitternya (05/02/2020).

JJ turut mengungkapkan nasib pelayan McDonald’s yang ada di videonya tersebut. Ia bilang bahwa pelayan itu ternyata sudah lama bermasalah. Sehingga pihak McDonald’s Indonesia langsung menindak dan memberhentikannya dari pekerjaan secara langsung.

Pihak McDonald’s Indonesia pun membenarkan tentang kabar ini. Bahwa pihaknya sudah memberhentikan pelayan yang melakukan penipuan itu secara langsung.

“Karena yang bersangkutan terbukti melakukan kecurangan, yang bersangkutan juga mengakui perbuatannya. Jadi langsung diberhentikan dari pekerjaannya,” jelas Sutji ketika dikonfirmasi detikFood.

“Pada intinya McDonald’s tidak akan mentolerlir kecurangan apapun itu bentuknya. Bila terbukti kami pasti akan berikan sanksi sesuai peraturan perusahaan,” lanjutnya.

Untuk saat ini, investigasi mendalam terus dilakukan oleh pihak McDonald’s Indonesia. Tak hanya di gerai McDonald’s STC Senayan saja, tapi juga di gerai McDonald’s lainnya.

Mengingat banyaknya laporan dari netizen di media sosial, bahwa kejadian penipuan harga seperti ini tak hanya terjadi di STC Senayan saja. “Saat ini kami fokus pada investigasi lebih lanjut atas kasus ini,” pungkas Sutji.

Kasus ini sendiri mendapat banyak perhatian di media sosial. Video pelayan yang melakukan penipuan tersebut, viral di Twitter hingga Instagram.

Islam dan HMI; Refleksi 73 tahun HMI

Previous article

Wabah Corona, 27 Ribu Staf Cathay Pacific Diminta Cuti Tanpa Gaji

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *