Tekno

6 Bank Sentral Dunia Bahas Mata Uang Digital, Mata Uang Fisik Bakal Punah?

0
Bitcoin, Salah Satu Jenis Mata Uang DIgital

Pemimpin enam bank sentral utama yang meneliti mata uang digital bersama berniat mengadakan pertemuan pertama pada pertengahan April di Washington, menurut laporan Nikkei, Kamis (6/2/2020).

Bank-bank sentral itu berasal dari Inggris, wilayah Eropa, Jepang, Kanada, Swedia, dan Swiss. Keenamnya membeberkan bakal mendiskusikan rencana penerbitan mata uang digital di tengah memanasnya perdebatan soal masa depan uang fisik.

“Para pemimpin enam bank sentral dan Bank of International Settlements akan membahas penyelesaian lintas-batas serta masalah keamanan, jika nantinya bank sentral mengeluarkan mata uang digital di masa depan,” begitu menurut laporan Nikkei, dikutip dari Reuters.

Hasil diskusi sementara rencananya bakal dirilis pada Juni mendatang. Sementara itu, laporan akhirnya akan diluncurkan sekitar musim gugur.

Sekadar informasi, bank-bank sentral di sejumlah negara merasa khawatir dengan rencana peluncuran mata uang kripto Facebook, Libra karena dinilai akan mengancam stabilitas mata uang masing-masing negara.

Bahkan, kekhawatiran itu mendorong beberapa regulator melarang peluncuran Libra di negaranya; membuat Asosiasi Libra kehilangan dukungan dari sejumlah anggota berpengaruh, seperti Visa, Mastercard, dan Vodafone. {wartaekonomi}

Rayakan HUT ke-12 Gerindra, Prabowo Singgung Loyalitas Kader

Previous article

Millen Cyrus Ogah Ganti Kelamin, Ini Alasannya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *