Ciro Immobile, Striker Terbaik Eropa

Ciro Immobile

Pemain yang sedang naik daun, Ciro Immobile, adalah striker terbaik di Eropa saat ini. Setidaknya, begitu kata agen pemain Lazio itu, Alessandro Moggi.

Pemain berusia 29 tahun itu mencetak dua gol saat Lazio menghempaskan SPAL 5-1 dalam pertandingan ke-21 Serie A (2/2/2020) di Stadio Olimpico, Roma.

Tambahan dua gol itu menjadikan Immobile kini mengoleksi 25 gol, dan status top scorer sementara Serie A musim ini makin kukuh disandangnya.

Pesaing terdekatnya hanya Cristiano Ronaldo, yang baru melesakkan 19 gol bersama Juventus. Dengan koleksi 25 gol, hal itu berarti hampir separuh dari total 52 gol memasukkan Lazio sepanjang Serie A musim ini lahir dari Immobile saja.

Kini Immobile masuk perburuan Sepatu Emas Eropa, bersaing dengan dua bintang Bundeliga, Robert Lewandowski (Bayern Munchen) dan Timo Werner (RB Leipzig), yang sejauh ini masing-masing membukukan 22 dan 20 gol.

Catatan lain, ini jadi kali pertama bagi seorang pemain mencapai 25 gol dalam 21 pertandingan di kompetisi kasta sepak bola tertinggi Italia sejak torehan yang dicatatkan penyerang Inter Milan, AS Roma, dan AC Milan, Antonio Valentin Angelillo, pada 1959.

“Saya pikir dia striker terbaik di Eropa, tak hanya di Italia,” kata Moggi kepada Tuttomercato.

Dari statistik yang ada, Ciro Immobile turun dalam seluruh pertandingan Lazio sejauh ini di Serie A. Hanya satu kali saja ia masuk sebagai pengganti karena ia hampir selalu jadi starter. Menit bermainnya mencapai 1.742.

Bersaing di Jalur Scudetto

Dengan Ciro Immobile yang sedang onfire, Lazio ikut merangsek dalam perburuan scudetto musim ini, mencoba mendominasi Juventus.

Saat ini Lazio memiliki poin 49 atau berselisih lima poin saja dari Juventus, pemuncak klasemen sementara (54), dan Inter Milan (51) yang ada di peringkat kedua dari 22 pertandingan. Padahal, Biancocelesti masih punya satu sisa pertandingan (21).

Lazio akan menggeser Inter Milan dan menempel Juventus di peringkat kedua jika mampu membungkam Hellas Verona pada laga kandang di Stadio Olimpico, Kamis dini hari WIB (6/2/2020).

Andai berhasil mengalahkan Verona, poin tim besutan Simone Inzaghi ini menjadi 52 atau hanya terpaut dua saja dari Juventus. Ciro Immobile dipastikan akan jadi bagian penting dalam rencana itu.

“Saya harus menekankan kinerja tim, terutama kerja keras Direktur Olahraga Igli Tare, yang telah membangun tim yang kompetitif dan bahkan berani memperjuangkan gelar dengan sumber daya terbatas,” ujar Moggi. {bola}