Wabah Corona, AFC Tunda Semua Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022

Dampak wabah virus corona akhirnya dirasakan sepak bola Asia. Pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengumumkan secara resmi penundaan jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berdasarkan jadwal awal, laga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia dilangsungkan pada Maret dan Juni. Seiring putusan AFC, maka jadwal laga pada Maret digeser ke Oktober.

Sementara jadwal laga pada Juni berubah menjadi November. Otomatis perubahan jadwal ini berpengaruh terhadap Timnas Indonesia. Jadwal melawan tuan rumah Thailand pada 26 Maret mendatang ditunda ke 8 Oktober 2020.

Pun dengan laga menjamu Uni Emirat Arab yang semula dijadwalkan pada 31 Maret, kini berubah menjadi 13 Oktober 2020. Sementara pertandingan melawan Vietnam pada 4 Juni bergeser menjadi 12 November 2020.

“Ini adalah masa yang tidak terduga dan menantang. Tapi AFC bekerja tanpa lelah untuk memantau situasi, termasuk berbagai pembatasan perjalanan sambil terus-menerus berhubungan dengan member AFC, Liga, dan klub kami,” ucap Sekjen AFC, Dato Windsor John, dikutip dari laman resmi PSSI.

Sebelum mengambil keputusan untuk menunda jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022, AFC telah melakukan emergency meeting dengan perwakilan beberapa negara Asia Timur dan Tenggara di Kuala Lumpur pada Senin (2/3).

Hasilnya kemudian dikirim AFC melalui surat yang ditandatangani Dato Windsor John kepada sejumlah anggota, termasuk PSSI, pada hari yang sama.

Untuk diketahui, AFC tak hanya mengubah jadwal Kualifikasi Piala Dunia. Beberapa laga Liga Champions Asia pun ikut terdampak dan mengalami penundaan. {rmol}