Hiburan

Amitabh Bachchan Klaim Corona Bisa Menular Lewat Lalat, Benarkah?

0

Mega bintang Amitabh Bachchan membagikan sebuah video yang mengklaim bahwa virus corona disebarkan melalui lalat. Tetapi Kementerian Kesehatan telah membantah klaim tersebut. Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa virus corona tidak ditularkan melalui lalat.

Lewat unggahan di akun Twitter miliknya, Amitabh Bachchan mengutip penelitian pakar Tiongkok yang mengatakan bahwa virus corona mampu bertahan lama di dalam kotoran manusia.

Sebuah penelitian di @TheLancet menunjukkan bahwa virus corona lebih lama melekat pada kotoran manusia daripada pada sampel pernapasan.”

Ayo India, kita akan melawan ini! Gunakan toiletmu,” cuitnya dikutip dari News18.com, Jumat (27/3/2020).

Bersamaan dengan cuitan itu, aktor berusia 77 tahun ini menyertakan sebuah video. “Hari ini, saya ingin membahas sesuatu yang sangat penting dengan Anda.”

“Negara kita sedang memerangi virus corona dan Anda harus memainkan peran penting dalam pertarungan ini.”

“Apakah Anda tahu bahwa dalam sebuah penelitian baru-baru ini, para ahli di Tiongkok telah menemukan bahwa virus corona dapat bertahan hidup di kotoran manusia selama berminggu-minggu,” kata Bachchan dalam video.

Lebih lanjut, ayah mertua Aishwarya Rai ini mengklaim bahwa lalat berpotensi untuk menyebarkan virus corona. “Bahkan jika seseorang pulih dari penyakit, virus dapat bertahan hidup di kotorannya.”

“Jika seekor lalat duduk di kotoran itu dan kemudian duduk di sayuran dan buah-buahan atau dimakan, penyakit ini dapat menyebar lebih jauh,” kata Bachchan.

Melalui postingan tersebut, ia ingin mengingatkan 40,7 juta pengikutnya untuk tidak buang air besar sembarangan.

Tapi menurut Lav Agarwal dari Kementerian Kesehatan, klaim Amitabh Bachchan tersebut tidak benar. “Aku belum melihat cuitan itu, tetapi ini adalah penyakit menular dan tidak menyebar melalui lalat,” katanya.

Ini adalah kedua kalinya Bachchan membagikan informasi tentang virus corona yang tidak benar hingga menciptakan kebingungan.

Sebelumnya, saat diberlakukan Janata Curfew oleh Perdana Menteri Narendra Modi pada hari Minggu lalu, Bachchan menulis pendapatnya soal getaran dari bertepuk tangan.

Menurut dia, bertepuk tangan akan mengurangi potensi terinfeksi virus corona. Sebab, bertepuk tangan bisa memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Cuitan itu pun memancing beragam kritikan dari netizen.

Tapi kini kedua unggahannya yang kontroversial itu telah dihapus dari akun media sosialnya. {grid}

Kemkominfo Rancang Aplikasi Untuk Tracing, Tracking, Fencing Pandemi COVID-19

Previous article

PSSI Putuskan Status Force Majeure Untuk Liga 1 dan Liga 2

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *