Ross Brawn Pesimis Balapan F1 Bisa Digelar Tanpa Penonton

Penyelenggara Formula 1 membuka opsi balapan tanpa penonton, untuk menggelar seri yang tertunda akibat pandemi virus corona.

Managing director F1 Ross Brawn, balapan tanpa penonton memungkinkan apabila virus corona sudah mereda. Namun, pihaknya masih belum tahu apakah mutlak bisa menerapkan rencana itu.

“Saat ini kami melihat logistik dari balapan tertutup, bagaimana kami mendatangkan orang ke sana, bagaimana kami melindungi mereka, dan bagaimana membuatnya aman, siapa yang akan kami izinkan ke paddock,” kata managing director F1 Ross Brawn kepada podcast Sky Sports.

Sebelumnya, tujuh seri balapan F1 musim ini telah ditunda dan seri pembuka di Melbourne dan seri Monako batal digelar. Brawn menyatakan masih ada kemungkinan untuk menggelar musim ini dengan delapan hingga 19 balapan. “Setiap perubahan urutan sedang dibahas,” katanya.

Namun, pihaknya tetap mengutamakan keselamatan pembalap dan kru selama menjalani balapan Formula 1. Apalagi, mereka harus melakukan perjalanan dari negara satu ke negara lainnya.

Saat ini, Eropa menjadi wilayah yang cukup berbahaya karena di beberapa negara terdapat kasus COVID-19 yang banyak.

Pesimistis

Pihaknya juga menunggu situasi di Eropa membaik dan ada opsi untuk menggelar semua balapan Formula 1 di sana.

“Kami bisa mengadakan lingkungan yang sangat tertutup di mana tim tiba dengan carter, kami arahkan mereka ke sirkuit, kami meyakinkan semua orang dites, selesai itu, tak ada resiko untuk setiap orang dan kami bisa menggelar balapan tanpa penonton,” kata Brawn.

Namun, Brawn pesimistis rencana itu bisa dilaksanakan. “Itu tak bagus, tapi saya rasa lebih baik dari pada tak ada balapan sama sekali.”

“Saya rasa kami harus ingat jika ada jutaan orang yang mengikuti olah raga ini dan duduk di rumah. Bisa membawa olah raga dan menghibur masyarakat akan menjadi bonus sangat besar di saat krisis yang kita alami ini,” katanya.

Lebih Banyak Ruginya

Namun Brawn menegaskan, tak ada untungnya memulai musim jika situasinya tidak normal.

“Kami bisa menggelar delapan balapan dengan memulainya pada Oktober. Jadi jika kalian ingin tenggat terakhir, itu Oktober. Akan tetapi ada kemungkinan juga opsi untuk menyelesaikan balapan hingga tahun depan, sampai Januari,” katanya.

Apabila Formula 1 dimulai pada Juli, Brawn memprediksi 19 balapan bisa digelar. Beberapa di antaranya digelar secara beruntun tiap pekannya. {bola}