Walikota Liverpool Tuding Suporter Atletico Madrid Penyebar Virus Corona

Walikota Liverpool, Steve Rotherham, meminta laga leg kedua 16 besar Liga Champions antara Liverpool kontra Atletico Madrid diinvestigasi. Pasalnya, duel tersebut diduga menjadi penyebab meningkatkan penyebaran virus corona.

Pertandingan Liverpool kontra Atletico Madrid berlangsung di Stadion Anfield pada 11 Maret. Sejumlah fans Atletico turut hadir pada laga yang berakhir dengan skor 3-2 bagi kemenangan tim mereka.

Laga itu digelar saat virus corona mulai menyebar terutama di Spanyol. Alhasil, Pemerintah kota Madrid sempat melarang beberapa fans Atletico untuk pergi ke Liverpool.

Namun ribuan fans Atletico tetap datang ke Inggris. Kehadiran mereka dituding meningkatkan penyebaran virus corona di Kota Liverpool.

“Kita melihat ada kurva peningkatan yang membuat 1.200 orang di Liverpool positif virus Corona,” kata Rotherham seperti dilansir Marca.

“Harus ada investigasi untuk melihat apakah infeksi itu terkait dengan kehadiran fans Atletico. Ada kota yang sudah terjangkit dan Madrid adalah salah satunya,” ujar walikota Liverpool itu.

Minta Pertanggungjawaban

Rotherham pun meminta pemerintah bertanggungjawab atas meluasnya peyebaran virus corona di Liverpool. Pasalnya, Rotherham menilai ada andil fans Atletico Madrid dalam penyebaran virus.

“Mereka tidak diperbolehkan untuk bepergian di negaranya, tetapi 3000 fans datang kepada kami dan berpotensi menyebarkan virus,” ujarnya.

“Jadi, ini perlu diperhatikan dan butuh kehadiran pemerintah untuk bertangggungjawab karena tidak segera mengisolasi wilayahnya,” kata Rotherham mengakhiri.

Belum Mereda

Pandemi corona covid-19 memang belum juga reda. Menurut World O Meters, ada 2,8 juta orang yang dinyatakan positif virus corona pada Sabtu (25/4/2020).

Sebanyak 197.246 orang meninggal dunia dan 789.776 dinyatakan sembuh. Amerika Serikat (AS) menjadi negara dengan pasien terbanyak yakni 925.038 dengan 52.185 orang meninggal dunia. {bola}