Momen Hardiknas 2020, Layanan Golkar Pintar Diluncurkan

Kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan dalam format belajar dari rumah (study from home) adalah salah satu langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Karenanya, selama masa pandemi ini, semua lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi meliburkan muridnya, dan melaksanakan study from home.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, pelaksanaan study from home sekarang ini tentu mengubah banyak hal dalam proses belajar dan mengajar.

“Jika sebelumnya aktivitas belajar-mengajar dilaksanakan di dalam kelas dipandu seorang guru, dengan adanya pandemi ini siswa menjalani aktivitas belajar di dalam rumah dan dipandu oleh orang tua masing-masing, sambil tetap dipantau guru melalui saluran daring,” kata Hetifah dalam keterangannya, Sabtu (2/5/20).

Menurut Hetifah, pelaksanaan study from home sendiri bukan tanpa konsekuensi. Karena, tidak sedikit guru, peserta didik, dan wali murid yang mengalami kebingungan akibat kondisi yang belum menentu ini.

Dijelaskan Hetifah, perlu saluran komunikasi alternatif yang dapat menjembatani antara pemerintah dan masyarakat. Sehingga segala macam perubahan kebijakan pendidikan di masa pandemi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menegaskan, partainya punya komitmen dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Golkar terpanggil untuk berkontribusi dalam pelaksanaan pendidikan di masa pendemi ini.

“Partai Golkar bersama pemerintah ingin memastikan bahwa kualitas pendidikan tetap terjaga selama peserta didik harus belajar dari rumah,” ucap dia.

Dalam momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2020, Partai Golkar melalui bidang Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan layanan “GOLKARPINTAR: Info Belajar Dari Rumah”.

“GOLKARPINTAR adalah sebuah layanan informasi dan tanya jawab virtual, berbasis WhatsApp. Respons GOLKAR PINTAR akan dijawab melalui pesan WhatsApp. Penanya diminta mengisi formulir virtual, lalu tim GOLKAR PINTAR akan menjawab pertanyaan,” papar Hetifah.

Senada, Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan DPP Partai Golkar Agustian Budi Prasetya menjelaskan, layanan ini tidak bersifat interaktif maupun tidak real time, namun informasi yang disampaikan untuk merespons pertanyaan masyarakat akan terverifikasi pihak-pihak yang berwenang.

“Melalui GOLKARPINTAR, guru, peserta didik, dan wali murid diharapkan mendapat informasi akurat yang diperlukan dalam kegiatan belajar di rumah di masa pandemi Covid-19. Termasuk informasi yang diperlukan terkait kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dan kebudayaan,” ungkap Agustian.

“Melalui layanan GOLKARPINTAR ini juga, kami akan berbagi informasi dan menampung pertanyaan masalah pendidikan di masa pandemi ini. Tim Pengelola Golkar Pintar terdiri dari Wasekjen Sekarwati S.Sos., M.Si, Amirah Kaca, ST., MPA dan Fitri Tandjung, B.Sc,” pungkasnya.