Tekno  

Aminin, Aplikasi Belajar Al-Qur’an Karya Anak Bangsa

Aplikasi digital pertama pembelajaran Al-Quran dan Hadist yang interaktif karya anak bangsa, hadir di bulan Ramadan ini.

Beberapa fitur unggulan yang disediakan Aminin yaitu Al-Qur’an, Latih Qur’an dan Diskusi Selain memiliki fitur pengingat waktu sholat, penunjuk arah kiblat, dan adzan paling interaktif dan sangat akurat.

CEO Aminin,  Herujito, mengatakan untuk fitur Al-Quran, Aminin menampilkan Al-Quran digital dengan standar mushaf pojok. Ada fitur untuk bookmarking dan note-taking juga. Bahkan bisa untuk dibagikan atau disimpan.

Untuk mempemudah ada juga mesin pencarian untuk nama surat atau nomor surat sehingga pengguna sangat dimudahkan.

Ia juga mengatakan bahwa Aminin telah menjadi digital Quran rujukan, dimana kontennya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan nash dan sanad.

“Konten Aminin dikurasi, disupervisi dan diverifikasi langsung oleh para ulama di bidang Al-Quran yang tergabung di dalam Jamiyyatul Qurra al-Huffazh (JQH),” ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan fitur Diskusi yaitu dialog interaktif dengan ustadz secara realtime.

Ustadz/ustadzah yang dihadirkan sebagai narasumber adalah mereka yang memiliki pemahaman keilmuan dan pengetahuan di bidangnya serta tervalidasi untuk memberikan pemahaman yang akurat dan benar tentang Islam.

Sedangkan fitur Latih Quran disediakan sebagai media pembelajaran Al-Quran yang interaktif dan menyenangkan.

Menurut Herujito, fitur inilah yang membuat Aminin beda dari yang lain. Terdiri dari dua level, yaitu Pemula dan Mahir, fitur ini dilengkapi skor/nilai yang mensyaratkan pengguna menjawab petanyaan dengan benar sebelum melangkah ke pertanyaan atau level selanjutnya.

Selain itu dilengkapi dengan audio pelafalan huruf hijaiyah, juga terjemahan dan tafsiran, dan lainnya.

Ketua Umum Jamiyyatul Qurrawal-Huffazh (JQH) KH Saifullah Mashum menyatakan, salah satu cara untuk mendukung kegiatan beribadah puasa di rumah adalah dengan memanfaatkan kehadiran teknologi aplikasi digital.

Ia pun menyarankan untuk menggunakan aplikasi digital yang sumbernya jelas dan terpercaya.

“Gunakanlah aplikasi digital Al-Quran yang sumbernya jelas dan terpercaya, agar Anda tidak tergelincir dengan pemahaman yang keliru tentang ajaran Islam, dan dapat lebih dekat dengan ajaran Islam yang diajarkan para ulama,” ujar Saifullah.

Menurutnya, Aminin menjadi jawaban terhadap geliat berhijrah yang menjangkiti kalangan muda di sebagian besar wilayah Indonesia.

“Mengikuti perkembangan zaman, maka aplikasi digital yang terpercaya bagi umat Islam, seperti Aminin, ini dapat menjadi salah satu sarana berhijrah bagi anak muda untuk memahami ajaran agamanya, dengan pondok pesantren tetap menjadi titik episentrumnya,” sambung Saifullah Mashum.

Aplikasi Aminin sendiri dapat diunduh di  Google Play: https://bit.ly/35jml2Y atau App Store: https://apple.co/3aHlKsY.

Untuk pengguna yang mengunduh pertama kali akan dipandu dengan peminatan masing-masing dapat dipilih tiga dari lima pilihan diantaranya Agama, Belajar, Pekerjaan yang nantinya secara otomatis konten yang muncul akan mengikuti peminatan ini. {wartaekonomi}