Jadwal dan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah 8-9 Dzulhijah 1438 H

jadwal dan niat puasa Arafah tahun ini

RadarAktual.com – Jadwal & Niat puasa Tarwiyah dan Arafah Tahun ini. Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan segera merayakan hari raya Idul Adha yang tahun ini akan jatuh pada tanggal 1 September 2017. Namun sebelum hari raya Idul Adha tersebut, umat muslim biasa melakukan puasa sunah yakni puasa Tarwiyah dan puasa Arafah.

Jadwal puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah sendiri dilakukan sehari sebelum jemaah haji melakukan wukuf yakni pada tanggal 8 dzulhijah atau bertepatan dengan hari Rabu, tanggal 30 Agustus 2017. Sedangkan puasa Arafah merupakan puasa sunah yang dilakukan ketika jemaah haji melakukan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah atau bertepatan dengan hari Kamis tanggal 31 Agustus 2017.

Puasa sunah Tarwiyah dan Arafah memiliki keutamaan seperti disebutkan dalam beberapa hadits. Puasa sunah Tarwiyah dapat menghapuskan dosa selama satu tahun silam yang telah terlewati. Sedangkan puasa sunah Arafah, dapat menghapus dosa selama satu tahun lalu dan satu tahun yang akan datang.

“Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Dengan keutamaan tersebut, maka sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak melakukan ibadah haji untuk melakukan puasa sunah tersebut.

Niat puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

Niat puasa Tarwiyah :

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALAH
“ Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Arafah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALAH
“ Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.”